Tali lidah pendek atau Tongue Tie atau Ankyloglosia

AS Info Penanya: AS, Pria, 25 Tahun
Anak saya benang lidah berada di ujung ilad, menyusui normal, dan berat badan normal. Alhamdulillah sehat. Apakah benar anak saya harus dioperasi atau bedah ringan pada bawah ilad? Untuk jawabannya terima kasih, Dokter.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak AS,

Tali lidah pendek atau Tongue Tie atau Ankyloglosia adalah kelainan bawaan yang terjadi   pada pita lidah atau tali jaringan ikat yang menghubungkan dasar lidah dengan  ujung lidah bagian bawah. Tali ini dapat tebal dan kurang elastis ataupun tipis dan elastis. Bila tali lidah pendek dapat menyebabkan lidah berbentuk seperti jantung pada saat dijulurkan.

Tongue-tie terjadi pada 0,02%-4,8% bayibaru lahir, dan lebih sering mengenai anak  laki-laki daripada perempuan.

Jenis yang paling mudah diidentifikasi adalah ketika selaput tali lidah yang dimiliki bayi pendek sehingga membatasi atau menghambat aktivitas lidah bayi, karena seharusnya tali lidah ini tidak terikat. Sampai saat ini gangguan Tongue Tie masih menjadi perdebatan di kalangan Kedokteran tentang dampak bagi kesehatan bayi juga perlu tidaknya dilakukan tindakan operasi / bedah.

Pada bayi dengan Tongue Tie, bila tidak terdapat gangguan menyusu dan tidak ada kelainan dalam perkembangan dan pertumbuhan, maka Doker tidak menyarankan untuk dilakukan Operasi / pembedahan.

Namun sebaliknya pada bayi dengan Tongue Tie bila terdapat gangguan menyusu sehingga pertumbuhan dan perkembangan bayi terhambat, maka Dokter akan mengajurkan untuk dilakukan pembedahan.

Pembedahan sangat dianjutkan pada bayi dengan Tongue Tie bila disertai keluahn berupa :

 

1. Menyusui : Tongue-tie menyebabkan mulut bayi  tidak dapat menempel dengan baik pada puting susu sehingga kemampuan menghisap susu kurang. Akibatnya, kenaikan berat badan bayi yang dicapai tidak maksimal.

 

 

2. Bicara : Anak dengan tongue-tie memiliki perkembangan bicara yang normal seperti anak lain yang tidak memiliki tongue-tie. Namun beberapa  literatur menyatakan bahwa tongue-tie dapat menyebabkan kesalahan  artikulasi kata-kata, terutama pada huruf-huruf yang membutuhkan gerakan lidah  ke atas seperti pengucapan huruf R dan L. Derajat keparahan kesalahan artikulasi  ini bervariasi, dapat sangat jelas atau bahkan sama sekali tidak terdengar. Karakteristik umum anak dengan Tongie Tie yang kemungkinan dapat menyebabkan gangguan bicara yaitu :

 

 

  • V-berbentuk lekukan di ujung lidah  
  • Ketidakmampuan untuk julurkan lidah melewati gusi atas
  • Ketidakmampuan untuk menyentuh langit-langit mulut  
  • Kesulitan menggerakkan lidah dari sisi ke sisi

 

3. Mekanis, Tongue-tie dapat menyebabkan kemampuan lidah untuk membersihkan   gigi berkurang karena gerak yang terbatas. Tongue-tie ini juga dapat  menyebabkan jarak antar gigi menjadi renggang karena tekanan mekanis lidah  sehingga gigi anak menjadi jarang dan tak rapi.

Bila diperlukan, maka tindakan bedah yang dilakukan tergolong  sangat ringan dan sederhana. Yaitu dengan cara membebaskan tali jaringan ikat atau Frenotomy yaitu pengambilan atau pemotongan jaringan frenulum dengan anestesi lokal (bius lokal), merupakan tindakan sederhana dan umumnya tidak ada komplikasi. 

Pembedahan umumnya tidak memerlukan pembiusan umum dan dapat dilakukan Dokter di Ruang Praktek Dokter dengan bius lokal.

Untuk lebih jelas, sebaiknya Bapak mengunjungi Dokter Spesialis Anak terdekat di Kota Bapak, untuk konsultasi lebih lanjut dan mendiskusikan pilihan yang sesuai dengan kondisi anak Bapak.

Semoga informasi dari kami dapat menjadi salah satu masukan positif bagi Bapak.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi polip rahim adalah salah satu solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi polip rahim

Sulit Hamil Karena Polip Rahim? Atasi dengan Operasi

Polip rahim adalah salah satu penyebab wanita mengalami sulit hamil. Namun, tidak perlu khawatir karena untuk menghilangkan polip rahim, dapat dilakukan tindakan operasi polip yang akan membantu agar kehamilan dapat berjalan secara normal.