28 Sep 2020, 11:17Psikologi

Takut dan sering mengerjakan sesuatu berulang-ulang

SA
Info Penanya: SA, Wanita, 18 Tahun
Halo selamat pagi, mau bertanya nihhh. Tiap piket sekolah, sama tiap hari kan aku nyapu" ya tapi kata temanku aku sering banget ngulangi nyapu sampai 6 kali gitu,, kadang juga kena marah karena nyapunya kelamaan,, tp aku selalu ngerasa gak bersih abis nyapu tuh :(.. kadang juga ngelakuin apapun sampai berkali-kali, capek juga sih.. kira-kira aku kenapa ya?? Terimakasih
231 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat malam SA,Melakukan suatu pekerjaan berulang-ulang adalah kondisi yang bisa disebabkan karena beberapa hal, bisa karena kurangnya konsentrasi, bisa karena perilaku kompulsif atau melakukan suatu tindakan berulang-ulang, masalah kecemasan, ataupun karena kondisi lain.Jika merasa kurang bersih ataupun merasa cemas jika membersihkan sesuatu tidak sesuai harapan, atau bisa juga ada kondisi obsesif dimana timbul pikiran apa yang dikerjaan masih tidak sesuai harapan sehingga selalu mengulang tindakan tersebut.Apabila seringkali terjadi kondisi seperti ini dan hal ini disadari oleh orang lain dan sudah diingatkan. Ada baiknya bisa mencoba berkonsultasi dan memeriksakan diri pada dokter spesialis kedokteran jiwa ataupun psikiater untuk dilakukan evaluasi dan penanganan.

Penangan OCD

Jika didapatkan adanya obsessive compulsive disorder maka perlu dilakukan penanganan dengan cara:
  • Psikoterapi
  • Terapi perilaku seperti cognitive behavioural therapy/CBT
  • Penanganan dengan obat-obatan
  • Belajar mengendalikan rasa cemas
  • Olahraga rutin
  • Melakukan relaksasi
Untuk itu bisa coba ceritakan apa yang dialami pada orang tua agar bisa diantar untuk bisa memeriksakan diri dan mendapatkan penagnana ya. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
kesehatan mentalmasalah kejiwaangangguan psikologis
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil