07 Sep 2021, 16:21Gigi & Mulut

Gigi tonggos pada anak, apa yang bisa dilakukan?

JS
Info Penanya: JS0
Asslmualaikum dok.. saya mau tanya ank sya umur 6 tahun gigi atas udh pada copot sisa 1 itupun udah goyah trus tumbuh gigi dri belakang gigi itu dok.. apakah nanti tumbuhnya akan tonggos.. dan bagaimana cara menanganinya dok trimakasih.. wasalammualaikum..
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, JTerima kasih atas pretanyaan AndaGigi tonggos adalah keadaan ketika gigi di rahang atas lebih maju dibadingkan dengan gigi di rahang bawah. Normalnya kondisi gigi di rahang atas memang sedikit lebih maju namun selisihnya berkisar 2-4 mm. Memiliki gigi tonggos tentunya memberikan seseorang merasa kurang percaya diri, selain itu juga bisa memberikan rasa kurang nyaman baik saat berbicara, ataupun makan. Gigi tonggos bisa terjadi karena susunan gigi yang tidak sesuai atau berantakan, faktor keturunan, kebiasaan menghisap jari (jempol), kebiasaan ngedot, atau bisa juga karena adanya masalah pada rongga mulut yang lainnya. Tatalaksana yang dilakukan untuk mengatasi gigi tonggos ini perlu disesuaikan dengan kondisinya, salah satunya adalah dengan pemasangan kawat gigi atau sering disebut dengan istilah behel.

Bagaimana cara mencegah gigi tonggos?

Terkat dengan apa yang Anda tanyakan, jika gigi anak Anda tumbuh ketika gigi susunya belum tanggal, maka sebaiknya perlu dilakukan pemeriksaan dengan dokter gigi agar susunan gigi tidak berjejal. Terkait apakah bisa menyebabkan gigi menjadi tonggos atau tidak, maka tergantung dari posisi gigi dan kesehatan mulut. Untuk itu, alangkah baiknya bila Anda melakukan konsultasi dengan dokter gigi terdekat terakit kondisi kesehatan gigi dan mulut Anak Anda sebagai tindakan pencegahan gigi tonggos. Selain itu, pastikan anak tetap menggosok gigi dengan benar sesudah makan dan sebelum tidur, jaga kebersihan rongga mulut, cukupi kebutuhan gizi dan nutrisi hariannya, dan terapkan gaya hidup bersih dan sehat.Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
kesehatan gigikesehatan mulutkawat gigi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil