01 Dec 2020, 18:36Psikologi

Penyebab insomnia salah satunya hipokondria.

AN*
Info Penanya: AN*, Wanita, 16 Tahun
Assalamualaikum dok, saya Aji 16 tahun kls 12 SMK. Saya mulai insomnia sejak kelas 10 SMK, saya juga punya penyakit Types dan darah rendah sejak kelas 10. Karena saya sudah terbiasa saya tidak merasa khawatir ketika tidak bisa tidur, tapi kali ini saya khawatir. Entah pemikiran dari mana saya beranggapan bahwa kalau nanti saya tidur maka saya akan meninggal karena fikiran-fikiran itu akhirnya saya memutuskan untuk tidak tidur, saat ini juga saya masih takut tidur saya benar-benar takut dok.
245 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Waalaikumussallam Wr Wb, A.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Isomnia adalah gangguan tidur yang dialami oleh seseorang, yaitu tidak bisa tidur, tidur tidak berkualitas, merasa tidak mempunyai waktu tidur yang cukup, atau selalu terbangun saat tidur. Banyak penyebab terjadinya insomnia, salah satunya karena stress. Insomnia ini dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang karena tubuh menjadi tidak fit dalam melakukan sesuatu.

Penyebab insomnia

  • Stress. Stress yang tidak dikelola dengan baik, membuat penderita selalu memikirkan permasalahan yang ada. Ini terbawa hingga saat tidur, menyebabkan tidur menjadi tidak berkualitas.
  • Tidur siang yang terlalu lama
  • Konsumsi kopi dan teh
  • Penyakit lainnya. Ada beberapa penyakit yang menyebabkan tidak bisa tidur, yaitu penyakit diabetes dan penyakit infeksi saluran kemih. Ini disebabkan karena penyakit tersut dapat membuat penderitanya ingin BAK secara terus menerus yang mengganggu kualitas tidur.

Apa itu hipokondria?

Selain itu seperti yang Anda alami bahwa Anda takut untuk tidur karena memikirkan rasa ingin mati karena penyakit Anda, Anda mengalami rasa cemas yang berlebihan. Ini disebut dengan hipokondria.

Penyebab hipokondria

Hipokondria ini dapat disebabkan oleh pengalaman yang buruk saat menderita penyakit tersebut, jenis penyakit yang dapat membuat komplikasi yang serius, pengelolaan stres yang tidak baik, kurangnya pemahaman tentang penyakit yang dialami, rasa takut akan penyakit tersebut karena lingkungan suka "menakuti" penderita.

Penatalaksanaan hipokondria dan insomnia

Penatalaksanaan hipokondria dan insomnia adalah :
  • Berpikir positif jika semua penyakit ada obatnya
  • Cari tahu tentang penyakit dari sumber yang benar misalnya dokter
  • Lakukan hobi yang menyenangkan
  • Minum segelas susu hangat sebelum tidur agar tidur menjadi nyaman
  • Hindari minuman berkafein dan minum terlalu banyak saat menjelang tidur
  • Hindari penggunaan gadget 2 jam sebelum tidur
  • Dengarkan musik yang menenangkan
  • Matikan lampu saat tidur
Jika keluhan yang Anda alami semakin membuat Anda tambah takut untuk tidur, takut mati, takut mengalami penyakit yang serius, maka sebaiknya Anda berkonsultasi ke psikiater untuk pemeriksaan dan pennatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermafaat, dan semoga kualitas tidur Anda menjadi lebih baik."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari."
insomniastrespost traumatic stress disorder (PTSD)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil