Keluar bercak darah, apakah pertanda hamil?

AN* Info Penanya: AN*
Selama bulan maret tidak haid setelah masuk bulan april tanggl 8 keluar bercak dan saya memakai pembalut. Setelah tanggal 9 masih keluar darah tapi hanya sedikit dan perut saya terasa ada yang bergerak. Apakah saya hamil??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, E.

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Menstruasi merupakan proses keluarnya darah dari vagina yang pasti dialami oleh setiap wanita. Siklus menstruasi wanita pada umumnya yaitu setiap 28 hari sekali. Tetapi, ada juga yang setiap 21-35 hari. Itu masih merupakan hal yang wajar.

Ada beberapa penyebab yang membuat seorang wanita mengalami keterlambatan haid, yaitu:

  • Stres.
  • Kelelahan fisik.
  • Penggunaan KB.
  • Berat badan tidak ideal.
  • Pola makan yang buruk.
  • Kehamilan.
  • Kondisi medis seperti PCOS, gangguan tiroid, dll

Flek-flek yang Anda rasakan ini bisa saja itu pertanda Anda akan menstruasi. Tetapi, bisa juga pertanda kehamilan. Apalagi jika Anda ada melakukan hubungan seksual di bulan Maret, maka ada kemungkinan untuk hamil. 

Untuk memastikannya Anda hamil atau tidak, Anda bisa melakukan pemeriksaan testpack. Jika hasil testpack positif, maka Anda hamil. Jika negatif, maka Anda tidak hamil dan bisa saja penyebab gejala Anda ini karena perubahan hormon di dalam tubuh Anda. Itu hal yang wajar terjadi. Untuk lebih pasti, Anda bisa lakukan pemeriksaan ke dokter agar diperiksa lebih lanjut.

Salam sehat,

dr. Ester

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meski sama-sama membahas mengenai kesehatan reproduksi wanita, obstetri dan ginekologi ternyata memiliki fokus ilmu yang berbeda

Apa Perbedaan Obstetri dan Ginekologi?

Obstetri dan ginekologi (Obgyn) adalah spesialisasi ilmu kedokteran yang berbeda. Lingkup kerjanya masuk dalam dua masalah kesehatan terbesar wanita, yaitu kesehatan reproduksi wanita dan kehamilan.