27 Aug 2020, 04:46Kandungan

Terlambat suntik KB, apakah hamil?

KZ
Info Penanya: KZ0
aslmlkm dok...mau tanya kmren saya menstruasi akhir tgl 18 Agustus stlah slesai mens saya lupa tidak langsung KB tp sdh berhubungan ketika saya ingin KB pada tgl 21 ternyata bidan melarang saya KB Krn sdh berhubungan hrs mnunggu mens bln dpn Bru bisa KB .. aku worry bgt hamiiilll dong sbb ank ku SDH 2 msh kcil2 kmdian tgl 24 Agustus keluar LG darah apakah itu termasuk darah menstruasi ?????
7172 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat siang, KTerima kasih atas pertanyaan AndaPenggunaan suntik KB sebagai alat kontrasepsi memang terbukti efektif dalam menunda kehamilan. Apabila dilakukan secara rutin dan sesuai dengan jadwalnya, efektifitas dari suntik KB dalam mencegah kehamilan mencapa 99%, yang artinya hanya ada kemungkinan sekitar 1% untuk terjaidnya kehamilan. Namun, apabila tidak dilakukan secara rutin dan sesuai jadwal (sering lupa . terlewat) maka efektifitas dari suntik KB pun menurun, dimana dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan. Tekait dengan pertanyaan Anda, apabila Anda mengalmi perdarahan kurang lebih sekitar 6 hari setelah melakukan hubungan seksual dan Anda tidak rutin melakukan suntik KB maka perdarahan tersebut bisa dsiebabkan oleh berbagai macam kondisi.

Adapun beberapa kemungkinan penyebab keluarnya perdarahan tersebut adalah:

  • Perdarahan implantasi, perdarahan awal kehamilan karena menempelnya calon janin pada rahim ibu
  • Sisa perdarahan dari menstruasi sebelumnya, atau spotting
  • Adanya masalah hormonal
  • Efek samping dari penggunaan KB sebelumnya
  • Adanya masalah pada organ reproduksi wanita
Untuk itu, perlu dipastikan terlebih daulu pakah darah tersebut adalah darah menstruasi atau bukan. Anda juga bsia melakukan tes kehamilan atau pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan terdekat untuk dapat memastikannya.Berusahalah untuk mengonsumsi makanan bergizi, hindari stres dan kelelahan, jagalah berat badan Anda tetap ideal serta, apabila sudah mulai menggunakan suntik KB kembali, usahakan rutin dan terjadwal bila ingin menunda kehamilan. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian 
hubungan sekskehamilanpenggunaan kbgangguan menstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil