08 Oct 2021, 04:37Perut

Takut di operasi apakah bahaya?

AN*
Info Penanya: AN*0
Assalamualaikum selamat pagi dok,,. Langsung aja... Kira" dalam jangka waktu 1 tahun ini saya sudah kerumah sakit sebanyak 4x dengan penyakit yang sama yaitu perut bagian bawah kanan ,bawah pusar saya sakit. Setelah 4x ke RS di suntik rasa sakitnya hilang .. Hasil cek urine nya bagus .. trus saya disarankan datang mintak rujukan ke dok spesialis bedah..jujur saya takut dioperasi jd sya gk datang. Gmn dok cara biar sembuh tanpa operasi..
109 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo B,Nyeri perut kanan bawah dapat disebabkan oleh karena penyumbatan di usus buntu. Keluhan ini dapat disebabkan oleh pembengkakan maupun infeksi yang jika dibiarkan maka dapat pecah dan menyebabkan infeksi seluruh perut karena kotoran dalam usus dapat menyebar ke seluruh rongga perut. Usus buntu adalah bagian usus yang seringkali tersumbat dan meradang. Penanganan terbaik untuk infeksi usus buntu adalah dengan melakukan operasi untuk membuang usus yang terinfeksi tersebut.

Operasi usus buntu

Pada beberapa kasus maka infeksi bisa saja mereda tanpa prosedur operasi namum sewaktu-waktu bisa kambuh kembali. Untuk itu, cara paling aman untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan operasi, namun mendapatkan rujukan ke dokter bedah bukan berarti Anda pasti di operasi. Dokter akan melakukan pemeriksaan USG terlebih dahulu untuk menentukan apakah benar keluhan disebabkan oleh usu buntu atau tidak, sehingga jika bukan usus buntu maka dapat diberikan obat lain unutk mengatasi keluhan Anda. Sebaiknya jangan tunda melakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan ke dokter bedah atau USG di dokter penyakit dalam untuk memastikan kondisi Anda. 
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
operasiinfeksiusus buntu
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil