20 Feb 2021, 16:26Psikologi

Takut dan cemas harus bagaimana?

SZ
Info Penanya: SZ0
Halo dok ingin bercerita, sejak saya tidak diizinkan ke universitas yg saya inginkan 2 thn lalu, saya harus terpaksa kuliah disalah satu jurusan yang tdk sesuai dengan passion saya. sejak saat itu sya sering merasakan cemas sampe keringat dingin dan juga saya sering menangis sendiri tanpa alasan & ditambah saya banyak masalah keluarga & itu sgt menganggu sya dok. sya ingin menghilangkan rasa cemas berlebihan saya ttpi sya harus ttp kuliah tapi piliah jg memicu cemas sya dok. sya hrs apa ya dok
324 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi SZRasa stres yang berkepanjangan akibat masalah yang tidak terselesaikan dapat membuat kondisi mental yang bruuk. Berbagai gangguan mental hingga depresi dapat dialami setiap orang di berbagai kalangan umur.

CIri-Ciri Gangguan Kecemasan

Rasa cemas dan takut yang berlebihan mengarahkan pada kondisi gangguan kecemasan. Ciri-ciri seseorang mengalami gangguan kecemasan adalah:
  • Nafasa yang cept
  • Jantung berdebar-debar
  • Nadi atau detak jantung yang cepat
  • Berkeringat dingin
  • Gugup, tegang dan gelisah
  • Gemetaran
  • Tidak bisa berkonsentrasi
  • Muncul ebrbagai pikiran negatif yang semakin membuat cemas
  • Mudah emosi
  • Sulit tidur
  • Gangguan pencernaan seperti mual, sakit perut atau diare
  • Selalu ingin menghindari hal-hal yang membuat cemas
Seseorang dikatakan memiliki gangguan cemas harus dilakukan pemeriksaan berupa tes psikologi dan wawancara sebelumnya oleh psikolog atau psikiater. Rasa cemas yang dibiarkan berlarut-larut dapat berefek pada kualitas hidup anda.

Mengatasi Rasa Cemas

Anda bisa mengatasi rasa cemas bukan dengan menghindarinya tetapi melawan dan mengontrol rasa cemas tersebut. Bila anda telah mengetahui penyebab rasa cemas anda, anda bisa melakukan beberapa usaha. Usaha-usaha tersebut adalah:
  • Diskusikan perlahan bersama orangtua mengenai passion anda
  • Cari jalan keluar masalah bersama-sama
  • Berpikir positif dalam setiap masalah
  • Selalu merasa bersyukur
  • Perlu adanya sikap toleransi dalam berdiskusi
  • Atur pola tidur lebih baik agar pikiran lebih segar dan emosi yang stabil
  • Olahraga dan melakukan hal menyenangkan untuk meredakan rasa stres dan cemas
  • Atur nafas dengan menarik nafas dalam dan dihembuskan perlahan berulang kali bila rasa cemas melanda
Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
depresistresgangguan kecemasangangguan kecemasan umum
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil