Tahi Lalat yang Muncul Saat Remaja, Apakah Gejala Kanker?

RA Info Penanya: RA, Pria, 18 Tahun
Selamat siang Dokter,Saya remaja berusia 18 tahun. Sekarang tiba-tiba di wajah saya timbul tahi lalat. Apakah ini gejela kanker kulit? Dahulu tidak ada tapi muncul sekarang. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Salam sehat Ibu RA,

Tahi lalat atau dikenal dengan nama latin Nevus Pigmentosus, secara medis diketahui terdiri dari 6 jenis dan tidak semuanya bersifat ganas atau penyebab kanker kulit.

Salah satu jenis yang timbul pada masa dewasa adalah Nevus intradermal, dengan sifat lunak, berbentuk nodulus, berwarna coklat sampai kehitaman dan dapat tumbuh diseluruh tubuh. Kadang tahi lalat ini ditumbuhi rambut dan jarang menjadi ganas.

Operasi untuk pengangkatan tahi lalat jenis ini dilakukan atas indikasi estetika yaitu bila mengganggu secara kosmetik pada penderita.

Panduan umum untuk untuk mencurigai apakah suatu tahi lalat bersifat ganas atau dicurigai ganas adalah :

  1. Bila terdapat tanda peradangan yaitu panas, bengkak, bernanah dan nyeri
  2. Perubahan warna yang mencolok pada tahi lalat.
  3. Bertambah besar dengan cepat
  4. Kemerahan sekitar tahi lalat, terasa gatal
  5. Perdarahan

Bila tidak ada keluhan lain maka perhatikan saja perkembangan tahi lalat tersebut, bila dirasa mengganggu maka Ibu dapat mengunjungi Dokter Bedah (SpB) untuk berkonsultasi lebih lanjut

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pria berusia 20-34 tahun lebih berisiko terkena kanker testis daripada bayi atau pria lebih tua

Kanker Testis: Gejala, Faktor Risiko, dan Deteksi Dini

Kanker testis adalah kanker yang paling sering menyerang pria. Beberapa gejala kanker testis yang muncul, antara lain munculnya benjolan yang disertai rasa nyeri dan penumpukan cairan tiba-tiba pada skrotum. Risiko untuk terkena kanker lebih besar pada pria kulit putih dan pria berusia 20-34 tahun. Anda bisa melakukan pendeteksian dini agar segera mendapatkan penanganan yang tepat.