Tahi lalat mendadak muncul apa wajar?

XX Info Penanya: XX, Wanita, 20 Tahun
Halo dok,saya ingin bertanya apakah tahi lalat yang muncul banyak (lebih dari 5) di berbagai tempat dalam waktu yang bersamaan (dalam satu hari) berbahaya?apakah penyebabnya dan faktor yang mempengaruhinha dan bagaimana solusi nya dok?terimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang XX,

Tahi lalat adalah bintik-bintik hitam kecokelatan yang seringkali muncul di kulit manapun. Namun bila Anda memiliki tahi lalat yang sangat banyak, atau tumbuh semakin membesar, terasa gatal, maka perlu lebih diwaspadai karena bisa saja menjadi suatu tanda adanya kanker kulit.

Perihal tumbuhnya tahi lalat lebih dari 5 titik dalam 1 hari yang bersamaan bisa saja terjadi karena sel-sel di kulit tumbuh setiap saat. Dan tahi lalat ini muncul akibat sel melanosit (yang memberikan pigmen kecokelatan) yang tidak menyebar.

Yang perlu diperhatikan tanda-tanda bahaya tahi lalat bila:

  • Bentuknya tidak simetris.
  • Bagian tepi tahi lalat warnanya samar dan bentuknya tidak beraturan.
  • Tahi lalat berubah bentuk, warnanya maupun warnanya.
  • Memiliki banyak warna misal kemerahan, cokelat dan kehitaman.

Saat ini yang perlu Anda lakukan adalah perhatikan apakah warna dan bentuknya berubah dengan berjalannya waktu, gunakan sun block bila berpergian (pilih sun block yang memiliki SPF di atas 30), banyak makan sayur dan minum air putih yang banyak untuk menjaga kelembapan dan kesehatan kulit.

Bila Anda cemas, lakukan pemeriksaan ke dokter kulit untuk memastikan tahi lalat tersebut adalah tahi lalat biasa, dan bukanlah suatu tanda keganasan.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang mudah disembuhkan jika terdeteksi dini

5 Gejala Karsinoma Sel Basal yang Mudah Anda Kenali

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang mudah disembuhkan jika terdeteksi dini. Gejala karsinoma sel basal salah satunya adalah luka yang tidak kunjung sembuh.