Tahi lalat pada mata, apakah bisa hilang ?

FS Info Penanya: FS, Wanita, 21 Tahun
Malam dok, saya memiliki tahi lalat pada mata bagian putih di kanan dan kiri sejak lahir. Apakah tahi lalat tersebut bisa hilang di operasi? Kira-kira untuk biaya operasi berkisar berapa ya dok? Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, FSE.

Tahi lalat pada mata merupakan keadaan yang dapat disebabkan oleh beberapa kondisi medis. Kondisi tersebut dapat bersifat ringan maupun serius. Kendati umumnya jinak, namun ada baiknya untuk tetap waspada karena dapat pula mengarah pada keganasan.

Penyebab tahi lalat pada mata

Dua kondisi medis yang umum terjadi ialah :

1. Tahi lalat atau nevus

Tahi lalat umumnya sudah didapat sejak lahir dan struktur pembentukanya sama dengan struktur pembentuk tahi lalat di area tubuh lainnya. Dalam istilah medis, tahi lalat dikenal dengan sebutan nevus. Menurut data statistik umumnya bintik hitam atau benjolan kecil berwarna hitam pada mata disebabkan oleh tahi lalat atau nevus. Keadaan ini umumnya jinak dan jarang berkembang menjadi suatu keganasan.

2. Melanoma maligna

Jenis bintik hitam atau benjolan pada mata yang ganas ialah melanoma maligna. Umumnya memiliki ciri tepi yang tidak berbagatas tegas dan disertai luka. Melanoma biasanya terjadi pada golongan lanjut usia berkisar 60-70 tahun. Pada keadaan ini diperlukan terapi operatif dan terapi tambahan lainnya yang dapat menghambat perkembangan sel-sel ganas.

Terkait dengan pertanyaan Anda, diperlukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk menentukan jenis tahi lalat yang dialami. Jika bersifat jinak umumnya tidak memerlukan penanganan khusus, terkecuali telah memberikan gejala yang mengganggu. Untuk biaya operasinya sendiri akan bergantung pada tindakan yang diambil setelah ditentukan diagnosis dari kondisi medis yang dialami dan tentunya akan berbeda pada setiap fasilitas kesehatan. Untuk itu ada baiknya ada memeriksakan diri secara langsung pada dokter Mata.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling ringan

Mengenal Karsinoma Sel Basal, Jenis Kanker Kulit yang Paling Ringan

Karsinoma sel basal adalah jenis kanker kulit yang paling ringan, tidak mudah menyebar, dan perkembangannya sangat lambat. Beberapa gejala karsinoma, antara lain sering muncul kemerahan di sebidang kulit dan benjolan di kulit.