01 Aug 2021, 15:52Infeksi

Syarat pendonor plasma darah COVID

P
Info Penanya: P0
Dok, donor plasma darah menjadi salah satu pengobatan untuk orang yang terinfeksi virus corona. Apa syarat pendonor plasma darah covid?
129 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat sore PTerapi plasma konvalesen Covid19 merupakan salah satu metode pengobatan tambahan pada infeksi Covid19 dengan gejala sedang hingga berat untuk memerangi infeksi dan mempercepat penyembuhan. Metode ini adalah metode imunisasi pasif dan terjangkau dimana pasien mendapatkan donor plasma yang berisikan antibodi terhadap virus Covid19 yang bersumber dari orang-orang yang sudah sembuh dari infeksi Covid19 atau disebut penyintas Covid19.

Syarat pendonor plasma darah COVID

Untuk bisa menjadi pendonor plasma konvalesen Covid19 tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan. Berbagai persyaratan pendonor plasma Covid19 adalah:
  • Sudah terkonfirmasi sembuh dari Covid19 oleh dokter yang merawat dan kurang dari 3 bulan
  • Umur 18-60 tahun
  • Memiliki berat badan >55 kg
  • Tidak dalam keadaan hamil
  • Tidak ada keluhan atau gejala
  • Tidak mendapatkan trasnfusi darah dalam 6 bulan terakhir
  • Tidak memiliki penyakit komorbid

Proses Donor Plasma Covid

Apabila anda ingin menjadi pendonor plasma Covid19 dan sekiranya memenuhi persyaratan di atas, maka anda bisa mendatangai Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia (UDD PMI) terdekat atau mendaftarkan diri secara online. Sebelum melakukan pendonoran, anda akan didata dan diskrining terlebih dahulu, kemudian dilakukan pemeriksaan berupa golongan darah dan rhesus.Setelah anda lulus skrinning, maka anda akan diambil sejumlah darahnya (400-600ml) sama seperti donor darah pada umumnya sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Jika ada pasien yang membutuhkan transfusi plasma Covid19 maka kemudian akan diuji kecocokan darah antara pendonor dan penerima. Apabila cocok maka pasien dapat menerima transfusi plasma.Menjadi pendonor plasma konvalesen dapat membantu menyelamatkan banyak nyawa. Untuk itu ajak pula teman atau sanak keluarga yang memenuhi persyaratan untuk ikut mendonorkan plasmanya. Apabila anda memiliki pertanyaan mengenai plasma konvalesen, anda bisa berkonsultasi langsung ke dokter. Jangan lupa untuk tetap melakukan protokol kesehatan dengan dislipin dan pola hidup sehat untuk menjaga daya tahan tubuh. Stay safe.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany
infeksi virusdonor darahcoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil