Haid hampir 1 bulan tidak berhenti dan sakit pinggang pada usia 47 tahun

ZL Info Penanya: ZL
Pg dok,, sy wanita umur 47 thn mau nanya knpa akhir2 ini haid sy cukup byk dan hampir 1 bln tdk henti dan pinggang sy slalu sakit kl lg haid
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, ZL.

Haid yang tidak kunjung berhenti hingga hampir satu bulan dapat dikategorikan sebagai gangguan menstruasi yang disebut dengan istilah menorrhagia, yakni kondisi dimana darah menstruasi keluar dalam jumlah, dan waktu yang tidak wajar. Sejatinya siklus haid normal berkisar antara 21-35 hari dengan periode 3-8 hari. Maka dilura dari rentang tersebut, sudah dikatakan tidak normal.

Beberapa faktor penyebabnya meliputi :

  • perdarahan uterus disfungsional
  • ketidakseimbangan hormon
  • polip rahim
  • fibroid rahim
  • adenomiosis
  • penggunaan alat kontrasepsi IUD
  • konsumsi atau penggunaan obat-obatan tertentu
  • keganasan

Mengenai keadaan haid yang tidak kunjung berhenti pada Anda, mungkin terjadi karena salah satu faktor diatas. Ada pula satu faktor lainnya yang berhubungan dengan usia Anda yang sudah mencapai lebih dari 45 tahun yakni keadaan menopause. Dimana salah satu tanda menjelang keadaan tersebut atau yang disebut dengan peri-menopause ialah periode haid yang tidak biasa. Adapun gejala lainnya yang terlampir pada artikel berikut sebagai informasi tanbahan untuk Anda. 

Untuk memastikan faktor apa yang mendasari keadaan gangguan haid yang Anda alami, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Untuk sementara Anda dapat mengonsumsi air rebusan jahe, kunyit dan ekstrak adas untuk membantu menghentikan perdarahan yang dialami. Namun jika dalam 5 hari kedepan tidak ada perbaikan maka periksakanlah secara langsung pada dokter Kandungan.

Salam sehat, 

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

1 dari 8 wanita merasa depresi sepanjang hidupnya dan dua kali lebih rentan terkena depresi daripada pria

Ciri-Ciri Depresi pada Wanita, Benarkah Kaum Hawa Lebih Rentan?

National Alliance of Mental Illness telah merilis survey bahwa 1 dari 8 wanita merasakan depresi, dua kali lebih banyak dibandingkan dengan pria. Depresi adalah penyakit mental yang ditandai dengan rasa sedih berkepanjangan hingga rasa ingin mengakhiri hidup.