18 Sep 2020, 12:48Infeksi

Hasil rapid test reaktif, apakah karena kurang tidur?

AK
Info Penanya: AK, Pria, 28 Tahun
Siang dok, Akhir bulan lalu saya swab, hasilnya negatif, 2 Hari yg lalu, saya rapid, hasilnya, IgG dan IgM reaktif, mohon penjelasan nya perihal IgG dan IgM reaktif dok, sebelum saya rapid, saya begadang tak ada tidur sama sekali, apa itu berpengaruh? Trima kasih dokterSalam sehat
2711 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, ATerima kasih atas pertanyaan AndaRapid test covid19 adalah sebuah tes yang digunakan untuk mendeteksi antibodi tubuh yang spesifik terhadap virus tertentu (covid 19). Antibodi mempunyai peran penting di dalam sistem imun tubuh kita dengan cara melawan dan menempel secara spesifik pada virus / bakteri penyebab penyakit.

Dua jenis antibodi yang dideteksi pada pemeriksaan rapid test covid19 adalah:

  • IgM
    Saat pertamakali tubuh terpapar oleh virus, antibodi ini akan terbentuk. Pada kasus covid19, IgM dapat bertahan hingga hari ke 21 - 28 setelah seseorang terinfeksi virus covid19.
  • IgG
    Berbeda dengan IgM, IgG adalah suatu antibiodi yang terbentuk pada masa lampau ketika tubuh sudah pernah terinfeksi oleh virus. Pada kasus covid19, IgG akan muncul sekitar 7-8 hari setelah terinfeksi dan dapat bertahan dalam darah lebih dari 28 hari. 
Perlu diketahui rapid test bukanlah pemeriksaan konfirmasi untuk covid19. Tes konfirmasi dari covid19 adalah swab test PCR. Terkait dengan pertanyaan Anda, jika Anda melakukan swab test pada akhir bulan lalu (sudah lebih dari 14 hari) hasilnya negatif, dan 2 hari yang lalu melakukan rapid test dinyatakan reaktif, maka Anda perlu melakukan swab test kembali untuk mengkonfirmasi dan memastikan kondisi Anda. Kondisi begadang dan kurang tidur tidak berpengaruh terhadap hasil rapid test. Untuk itu segeralah ke dokter terdekat.

Tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan adalah:

Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
infeksi saluran pernapasaninfeksi viruscoronavirus
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil