26 Jun 2021, 01:51Pernapasan

Cara membaca swab antigen

AS
Info Penanya: AS0
Dok, saya melakukan swab antigent melaluin hidung dan hasil akuratnya itu non-reactiv dan setelah di senter ada garis samar di reactiv, jadi pertanyaannya dok, apakah itu bisa di kategorikan positif covid atau tidak ya?
823 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat siang AS,Swab antigen adalah salah satu pemeriksaan yang dilakukan sebagai skrining penyakit Covid-19. Swab antigen mendeteksi salah satu bagian pada virus, sehingga jika dilakukan pada saat yang tepat dengan cara yang benar, biasanya hasilnya akan cukup akurat.Cara pemeriksaan swab antigen adalah sebagai berikut:
  • pemeriksa mengambil sampel dari bagian nasofaring seseorang
  • sampel tersebut diletakkan kepada alat uji
  • tunggu beberapa saat dan lakukan pembacaan ke alat uji
Hasil swab antigen bisa non-reaktif, jika hanya ada satu garis merah untuk kontrol. Namun, jika ada dua garis merah, maka kemungkinan besar hasilnya reaktif. Mengenai hasil swab antigen Anda, sayangnya perlu diketahui terlebih dahulu samarnya seperti apa. Karena hasil pemeriksaan antigen ini tidak bisa disimpulkan dari kata-kata saja, melainkan perlu dilihat langsung ataupun dari foto. Jadi, Anda dapat mencoba untuk melakukan chat dengan dokter kami dan mengirimkan foto dalam percakapan.Jika memang positif, upayakan untuk melakukan isolasi mandiri atau perawatan hingga benar-benar sembuh. Jangan kontak dengan orang lain dahulu, dan selalu gunakan masker kapan dan di mana pun. Jaga juga kekebalan tubuh dengan memperbanyak buah dan sayur dan mengurangi stres ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
infeksi saluran pernapasancoronavirusvaksin corona
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil