Susu untuk ibu hamil?

LX Info Penanya: LX, Wanita, 25 Tahun
Saya sedang hamip muda. Usia kehamilan saya jalan empat minggu. Apakah saya harus minum susu hamil? Kalau iya susu seperti apa yang harus saya minum? Apakah prenagen momy emesis? Atau prenagen momy bias??? Mohon penjelasanya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L, 

Berdasarkan pertanyaan yang Anda berikan. Ibu hamil memerlukan asupan kalori tambahan. Susu adalah pelengkap untuk menambah asupan energi. Ibu hamil sebaiknya dianjurkan untuk minum susu sebanyak 3 gelas per hari untuk memenuhi kebutuhan protein, kalsium dan vitamin D untuk janin. Kebutuhan ibu hamil sekitar 1000-1300 mg per hari. Susu kaya akan protein, asam amino dan asam lemak yang penting untuk perkembangan sistem saraf dan juga kaya akan kalsium untuk membantu pertumbuhan tulang. Terdapat juga kandungan yodium disusu dan terbukti untuk perkembangan otak janin. Maka dari itu susu penting untuk ibu hamil dan janin.

Untuk ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu yang sudah di pasteurisasi. Pasteurisasi adalah susu sudah mengalami pemanasan dengan suhu 63 derajat selama 30 menit. Apabila menemukan susu yang belum di pasteurisasi sebaiknya di rebus terlebih dahulu sebelum diminum. Ibu hamil dilarang untuk minum susu domba atau kambing yang tidak di pasteurisasi. Menurut penelitian susu yang tidak di pasteurisasi memiliki bakteru yang dapat menyebabkan keguguran, lahir matu atau sakit parah pada bayi baru lahir. 

Baca juga artikel SehatQ mengenai kebutuhan yang diperlukan selama hamil Kebutuhan harian ibu hamil.

Semoga bermanfaat.

Salam Sehat,

Dr. Sylvi.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah yang kaya vitamin, mineral, serta serat, demi kesehatan janin.

Daftar Buah-Buahan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil

Kurangnya asupan nutrisi saat hamil dapat menyebabkan perubahan permanen metabolisme janin di dalam rahim. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan mengonsumsi buah-buahan yang kaya vitamin, mineral, serta serat.