28 Jul 2021, 12:34Penyakit Lainnya

Apakah aman konsumsi susu dengan daun pulutan?

CH
Info Penanya: CH0
Siang dok,. Saya penikmat susu kedelai,.masa pandemi ini banyak memberikan rekomendasi minum pulutan karna kandungan didalamnya mengandung anti virus tinggi. SDH saya coba sendiri ketika keluarga saya ada gejala semacam Corona kami minum pulutan dan hanya dalam waktu satu malam panas turun dan berangsur sehat kembali. Pertanyaan nya, apakah TDK berbahaya mencampurkan pulutan dengan susu kedelai sebagai ikhtiar menjaga kesehatan, terutama dimasa pandemi? Terimakasih.
207 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, CHTerima kasih atas pertanyaannya.Susu kedelai adalah pilihan alternatif dari susu sapi.  Biasanya digunakan untuk yang ingin diet atau memiliki intoleransi terhadap laktosa susu sapi.  Susu kedelai dikenal tinggi dengan mineral, vitamin serta protein sehingga baik untuk kesehatan jantung, mengurangi risiko anemia.  Walaupun begitu tetap diimbangi dengan air putih dan konsumsi susu secukupnya. Infeksi akibat virus pada umumnya akan membaik  dengan sendirinya ketika daya tahan tubuh tinggi dan kuat.  Jadi bila apa yang dilakukan menimbulkan sugesti ke arah yang baik silahkan dilakukan selama tidak menimbulkan efek diare, sakit perut, mual, muntah, atau kondisi yang menganggu kesehatan.  Dari medis sendiri pulutan atau tumbuhan herbal yang dicampur susu tidak ada penelitian valid sehingga tidak dapat dipastikan apakah bermanfaat atau memiliki efek samping jangka panjang.  Sebaiknya pilih cara yang memang sudah terbukti aman dilakukan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kekebalan tubuh di masa pandemi. 

Beberapa cara lain untuk meningkatkan kekebalan tubuh saat pandemi :

  • Perbanyak minum air putih.
  • Istirahat cukup dan teratur.
  • Kurangi begadang.
  • Kelola stres dan cemas.
  • Makan dan minum yang sehat, bergizi, serta bebas pengawet dan bebas kafein. Kurangi gorengan, tinggi gula, MSG, instan, cepat saji, tinggi lemak. 
  • Olahraga teratur setiap hari, bisa dimulai dari yang ringan asalkan rutin.
  • Berjemur 15 menit di pagi hari.
  • Perbanyak buah dan sayur.
  • Tambahkan suplemen jika diperlukan.
  • Patuhi protokol kesehatan dan lakukan vaksinasi
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
susukekebalan tubuhsusu kedelai
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil