Susu formula yang baik bagi anak serta penyebab anak sering sakit ?

IS Info Penanya: IS, Pria, 19 Tahun
Dok.. susu yang baik untuk anak apa ya.. Usia anak 10 bulan tapi sejak asi di mix sama sufor , anak saya sering sakit.Karena penyebab susu ato apa ya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, IS.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mereka sehat dan terhindar dari penyakit. Anak yang sering sakit berkaitan dengan status gizi, lingkungan ataupun ada tidaknya penyakit yang mempengaruhi daya tahan tubuh. 

Untuk menjaga daya tahan tubuh dan terhindar dari penyakit, kita harus memperhatikan asupan makanan si kecil. Sebaiknya mengandung nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Unsur-unsur tersebut terdapat dalam beras,ubi, jagung, ikan, ayam, daging, telur, udang, sayuran, buah-buahan, susu dan masih banyak lagi. Jangan lupa imunisasi anak juga penting agar mendapatkan perlindungan terhadap penyakit-penyakit tertentu serta lingkungan yang sehat seperti terbebas dari asap rokok/polusi, menggunakan air bersih, buang sampah pada tempatnya, buang air besar dan air kecil di jamban, mencuci tangan dan sebagainya.

Pada anak diatas 6 bulan anak mulai diperkenalkan dengan makanan selain asi ataupun susu formula, dengan bertambah usia, nutrisi anak utama didapatkan dari makanan bukan dari susu. Pada anak dengan intoleransi laktosa/alergi terhadap susu formula tertentu, anak bisa mengalami muntah, diare, ruam pada kulit dan gejala lainnya.

Untuk memastikan penyebab dari keluhan anak anda, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter spesialis anak.

 


Semoga bermanfaat 

Salam sehat

dr. Supiah S.D Sangadji

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Anemia pada bayi baru lahir dapat menyebabkan berbagai masalah

Penyakit Anemia Sel Sabit Ternyata Dapat Diturunkan pada Bayi

Beberapa penyakit dapat diturunkan oleh orangtua pada bayinya, termasuk anemia sel sabit. Anemia sel sabit membuat sel darah merah yang harusnya berbentuk bulat menjadi seperti sabit. Anemia pada bayi dapat menyebabkan berbagai masalah, salah satunya adalah pembengkakan di kaki dan tangan.