22 Dec 2020, 03:10Pernapasan

Penyebab anak demam, batuk, serta muntah

VM
Info Penanya: VM, Wanita, 31 Tahun
hallo dok ......anak saya umur 16bulan dari lahir memang sudah minum susu formula bebelove..dan skarang saya beralih ke susu formula sgm....tapi sekadang anak saya jadi demam dan batuk juga muntah.....apakah ada pengaruh dari susu yg diganti
487 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo V,Saya akan menjawab pertanyaan Anda.Pemberian susu formula memang menjadi salah satu solusi bagi orang tua yang tidak bisa memberikan ASI kepada anaknya. Berbagai macam merek susu formula yang ada dengan kandungan gizi bermacam-macam. Susu formula ini dapat mengandung laktosa yang berasal dari susu sapi maupun susu formula yang rendah atau bebas laktosa seperti susu soya.

Penyebab anak demam, batuk, serta muntah

Penggantian susu formula lama ke baru dapat menyebabkan reaksi muntah jika susu tersebut sudah expired ataupun susu terkontaminasi dengan jamur dan bakteri. Namun, pemberian susu yang baru, dengan kemasan baik, tidak rusak, dan tidak kadaluarsa serta anak tidak mempunyai alergi susu sapi, maka tidak akan menyebabkan demam, batuk, serta muntah pada anak.Demam merupakan cara tubuh saat ada virus dan bakteri yang masuk menginfeksi saluran nafas. Tubuh berusaha mengeluarkan bakteri dan virus tersebut dengan menghasilkan lendir berupa dahak di sepanjang saluran nafas. Saluran nafas anak yang masih kecil, maka akan menimbulkan bunyi seperti "grok-grok" saat batuk. Anak masih sulit untuk mengeluarkan dahak, akan menelan dahak ini yang akan merangsang mual, sehingga terjadilah muntah yang disertai lendir. Ini akan membuat tenggorokan anak terasa lega.

Cara mengatasi anak demam, batuk, serta muntah

Selain karena infeksi saluran nafas atas, penyebab anak demam, batuk, serta muntah dapat diakibatkan oleh radang tenggorokan atau amandel, juga dapat disebabkan oleh infeksi gigi berlobang. Untuk itu saat anak batuk dan pilek, cari tahu sumber penyebabnya. Beri anak minum yang cukup, berikan makanan bertekstur lembut untuk memudahkan anak mengunyah. Tepuk punggung anak secara perlahan saat anak batuk. Jika anak terlihat lemas, dengan bibir yang kering, mata cekung, disertai kesulitan bernafas, segera bawa anak ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
bayi dehidrasiinfeksi saluran pernapasananak muntah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil