10 Nov 2020, 16:52Penyakit Lainnya

Apakah perlu mengganti susu formula anak?

RR
Info Penanya: RR0
Dok, anak saya dari lahir sampai 1 tahun minum susu NAN Phpro. Bolehkah saya ganti susu dengan merek lain seperti susu S26 gold?
748 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat pagi, RRTerima kasih atas pertanyaannya.Pemberian susu formula pada anak perlu dipastikan bahwa susu tersebut memang diperuntukkan sesuai umur anak.  Karena kandungan protein pada susu berbeda-beda dan dapat menyebabkan diare pada anak.  Beberapa anak juga memiliki kondisi seperti alergi susu sapi ataupun intoleransi laktosa sehingga tidak dapat memberi susu formula dengan sembarangan merek. 

Gejala alergi susu sapi :

  • Mual atau muntah.
  • Gatal-gatal.
  • Ruam kemerahan
  • Diare
Intoleransi laktosa umumnya hanya melibatkan organ pencernaan seperti perut kembung, sakit perut, diare, muntah.  Terkait yang anda tanyakan perlu atau tidaknya mengganti susu formula kembali pada pilihan ibu.  Sesuaikan kebutuhan susu formula dengan kondisi anak. Pada susu Nan pH Pro merupakan susu hipoalergenik yang artinya memiliki kandungan yang sesuai pada anak yang alergi terhadap susu sapi.  Apabila anak memang alergi susu sapi, sebaiknya mengganti dengan susu formula yang memiliki kandungan yang sama untuk mencegah reaksi alergi susu pada anak.  Jika mengganti susu formula karena ingin variasi sebaiknya tidak perlu karena adaptasi anak terhadap susu baru juga perlu waktu.  Untuk lebih jelasnya anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis anak untuk pemberian susu formula yang baik pada anak.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
klinik tumbuh kembang anakintoleransi laktosaintoleransi laktosaalergi susualergi susususu formulasusu formula
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil