Bagaimana menangani penyakit usus buntu?

MT Info Penanya: MT
assalamualaikum dokter.selamat malam,smoga dalam lindungan allah SWT.saya mau ber tanyak kepada dokter bedah umumdari pemeriksaan hasil USG APPENDIX bahwasanya saya tak mengalami APPEDICITISnamun dari hasil klinisnya . DEMAM(+) LEOKOSIT 16.000 NYERI PERUT KANAN BAWAH VAS 7-8BAGAIMANA LANGKAH SELANJUTNYA DOKTER?TERIMAKASIH BNYAK
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MT,

Penyakit usus buntu atau appendicitis adalah adanya peradangan pada appendiks atau usus buntu. Gejala utamanya sendiri adalah menimbulkan nyeri perut dikanan bawah yang hebat dan bisa terjadi mendadak, rasa nyeri bisa menjalar dari tengah menuju kanan bawah. Bisa juga disertai mual, muntah, dan juga diare serta demam. 

Untuk menentukannya bisa digunakan beberapa metode baik dengan melihat gejala dan menghitung yang dinamakan dengan alvarado score untuk menilai apakah mengarah pada appendicitis atau tidak dimana akan dilakukan penilaian baik dari gejala yang timbul, pemeriksaan fisik, dan juga pemeriksaan tambahan seperti lab darah dan pemeriksaan tambahan seperti USG atau appendicogram.

Dimana jika positif mengarah pada penyakit usus buntu akan dilakukan operasi untuk pengangkatan usus buntu agar tidak terjadi komplikasi seperti misalnya pecahnya usus buntu yang meradang atau disebut perforasi yang bisa memicu infeksi rongga perut atau peritonitis.

Jika didapati demam dan leukosit tinggi bisa juga timbul karena infeksi usus lain ataupun radang usus atau kemungkinan lainnya. Jadi perlu dilakukan konsultasi dan penanganan oleh dokter spesialis bedah dimana bisa diberikan penanganan baik pemberian antibiotik dan penanganan untuk gejala yang timbul. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

dr. Adhi P. 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Seperti pemeriksaan medis pada umumnya, tes laju endap darah mesti dilakukan di rumah sakit maupun klinik

Apa Saja yang Bisa Diketahui Dari Tes Laju Endap Darah?

Tes laju endap darah tidak bisa digunakan untuk mendiagnosis suatu penyakit yang spesifik. Tetapi hasil tes ini bisa membantu untuk mengetahui ada tidaknya peradangan pada tubuh Anda. Berdasarkan hasil pemeriksaan darah tersebut, dokter dapat menyarankan Anda guna melakukan tes-tes lanjutan demi mendapat diagnosis yang tepat.