Susah untuk Gemuk

A Info Penanya: A, Pria, 22 Tahun
Asaalamualaikum dokter, berapa berat badan ideal saya jika umur saya 22 tahun dengan tinggi badan 170 cm dan berat badan 49 kg? Apa sebenarnya saya terlalu kurus? Karena saya menyadari bahwa saya adalah tipe yang susah untuk menjadi gemuk. Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Walaikum salam Saudara A,

Berat badan ideal bila saudara adalah wanita saat ini adalah 63 kg dan bila saudara adalah pria maka 70 kg adalah normal.Saat ini memang terlalu kurus dan sangat jauh dari berat badan normal.

Pada prinsipnya untuk mendapat berat badan yang normal maka diperlukan asupan makanan (intake) yang lebih banyak dalam kualitas dan kuantitas dibandingkan dengan energi yang dikeluarkan (output) untuk beraktifitas setiap hari. Selain tidur cukup yaitu 6 sampai 8 jam sehari yaitu antara jam 9 malam sampai jam 5.30 pagi maka kebutuhan cairan minimal 2 liter perhari sangat diperlukan tubuh untuk berfungsi secara normal.

Untuk memperoleh berat badan yang ideal kembali kami sampaikan beberapa langkah mudah yang dapat diikuti yaitu :

  1. Makan 3 kali sehari yaitu Sarapan, Makan siang dan Makan malam.
  2. Setiap makan komposisi dan porsi sebaiknya seimbang, yaitu memenuhi kategori Diet Seimbang (Karbohidarat, Protein, Lemak, dan Mineral)
  3. Diantara waktu makan, sebaiknya ditambahkan dengan 2 kali snack yaitu diantara waktu sarapan dan makan siang, serta antara waktu makan siang dan makan malam.
  4. Tambahkan ekstra "Lemak Baik" dalam makanan, contoh : Jus alpukat, ikan yang mengandung banyak lemak omega 3, keju, produk susu, kacang-kacangan dll. "Lemak Baik" ini berguna untuk tubuh, bila dikonsumsi dalam porsi yang wajar.
  5. Minum air putih 2 Liter sehari, dapat juga ditambah minuman berenergi contohnya minuman dengan madu, minuman multivitamin, jus buah segar dengan porsi minimal 2 gelas sehari. Tambahkan makanan penutup setelah makan siang dan makan malam, seperti es krim, kue manis, agar-agar dan biskuit manis. Konsumsi gula berlebih memang tidak selalu baik untuk tubuh, namun penambahan kalori ini berguna dalam proses untuk menambah Berat Badan. Bila nanti telah dicapai Berat Badan yang ideal maka, disarankan untuk kembali ke Pola makan sehat.
  6. Olah raga dapat membantu otot untuk berkembang, juga membantu penyerapan Kalsium pada tulang sehingga tulang menjadi kuat. Secara keseluruhan volume tulang dan otot yang bertambah akan menyebabkan Berat Badan meningkat.
  7. Minum Suplemen dan Multivitamin. Selalu kami anjurkan untuk berkonsultasi dengan Dokter sebelum minum Multivitamin dan Suplemen.

Konsultasikan lebih lanjut dengan Dokter bila terdapat gejala lain seperti demam berkepanjangan, batuk -batuk lama, deg-degan dan sering berkeringat, dll.

Selain itu faktor keturunan juga ikut berperan dalam bentuk fisik seseorang, bila saat seusia bapak sekarang,  orang tua memiliki bentuk tubuh kurus maka kemungkinan besar anak-anak akan mengikuti.

Sabar saja dengan bentuk tubuh Bapak saat ini karena dengan bertambahnya usia dan berkurangnya aktifitas fisik, maka lama kelamaan bentuk badan akan berubah dan bertambah gemuk dengan sendirinya.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Olahraga mengecilkan perut takkan efektif bila tak dibarengi dengan diet

Olahraga Mengecilkan Perut Sukses Bersama Program Penurunan Berat Badan

Mengecilkan perut butuh kesabaran dan disiplin. Cara paling efektif adalah mengurangi kadar lemak tubuh secara keseluruhan lewat penerapan pola makan yang benar sambil melakukan latihan olahraga mengecilkan perut.