21 Feb 2021, 02:36Psikologi

Susah tidur

SN
Info Penanya: SN0
Hallo dok, saya pria berumur 29 tahun, saya ingin bertanya kenapa di tahun ini saya sering banget susah tidur, dan ketika sudah tidur pun seperti gak nyenyak gak bisa merasakan kepuasan saat tidur, saat mau tidur saya merasa diri saya sangat peka terhadap suara, suara kecil pun bisa bikin saya sangat susah tidur, saya pun hanya bisa tertidur jika saya benar2 sangat2 ngantuk, atau bisa disebut niat tidur dan saat tertidur itu butuh waktu lama, tahun sebelumnya saya gak pernah mengalami hal ini.
283 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi SNTubuh manusia membutuhkan tidur untuk berbagai proses fisiologis seperti perbaikan sel-sel tubuh dan pembentukan sel-sel yang baru. Gangguan tidur dapat dialami oleh setiap orang dan berbagai usia. Adanya gangguan tidur dapat berdampak pada kesehatan tubuh.Idealnya tubuh membutuhkan 7-9 jam untuk tidur dan dimulai pukul 10 malam. Gangguan tidur disebut dengan insomnia. Insomnia dalah kondisi dimana sulit untuk tidur atau sulit mempertahankan tidur. Insomnia bisa terjadi sehari hingga berminggu-minggu bahkan tahun.

Faktor Penyebab Insomnia

Penyebab dari insomnia dapat ditimbulkan karena berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut adalah:
  • Gangguan mental seperti stres, depresi, cemas dan sebagainya
  • Kondisi kesehatan atau penyakit tertentu 
  • Efek samping obat-obatan
  • Lingkungan tidur yang tidak nyaman
  • Perubahan jadwal tidur normal atau jet lag
  • Kelelahan atau kurang aktivitas fisik

Cara Mengatasi Sulit Tidur Atau Insomnia

Untuk mengatasinya insomnia anda bisa mencoba untuk menelaah tentang penyebab utama anda sulit tidur. Lakukan beberapa hal berikut untuk meningkatkan kualitas tidur anda:
  • Atasi stres anda
  • Membersihkan tempat tidur dan kamar tidur
  • Lingkungan cukup sejuk, tidak terlalu panas atau dingin
  • Gunakan aromaterapi
  • Suasana kamar benar-benar gelap atau menggunakan penutup mata
  • Lingkungan benar-benar sunyi atau bisa menggunakan kedap suara ruangan atau penutup telinga
  • Menjauhkan gadget, laptop atau HP 2 jam sebelum tidur
  • Mengatur pola nafas panjang dan dalam berulang kali
  • Terkena cahaya matahari pagi dan siang hari
  • Makan makanan mengandung magnesium tinggi contohnya pisang atau suplemen
  • Mandi air hangat dan minum air hangat sebelum tidur
  • Berolahraga rutin 3-4x seminggu selama 30 menit atau bisa berolahrgaa ringan sebelum tidur
Bila telah mencoba cara-cara di atas, anda masih kesulitan untuk tidur selama 3 bulan maka konsultasikan hal ini ke psikiater untuk penanganan lebih lanjut.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany CL
tidurwaktu tidurgangguan tidurmasalah tidurinsomniamanfaat tidur
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil