09 Dec 2020, 14:52Kandungan

Gejala dan penanganan kista di organ reproduksi wanita

AN
Info Penanya: AN0
Assalamualaikum dokter , saya terakhir datang bulan tgl 22 bulan 10 . Sampe skg saya belum datang bulan lagi dan saya belum cek hamil atau tidak . Akhir" ini saya susah tidur dokter , apalagi kalo tidurnya miring perut sering gak enak dokter. Apa tanda" hamil atau ada penyakit lain . Sebelum saya ada kista dari sebelum saya menikah dan punya anak . Ternyata masih ada pas bulan 9 tadi tgl 11 kista saya keluar tp saya belum cek ke dokter sampe skg dokter dan skg juga saya belum datang bulan lagi .
515 Views
2 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya
(0)
Waalaikumussalm wr wb, A.Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Ada berbagai keluhan kista yang ada, bisa dengan perut membesar, perut terasa nyeri, perdarahan dari vagina di luar siklus mentruasi, penurunan BB, gangguan menstruasi, dan mual serta muntah. Penatalaksanaan kista sesuai dengan penyebabnya agar tidak muncul kembali dan menimbulkan komplikasi yang lain.

Gejala dan penanganan kista di organ reproduksi wanita

Beberapa kista yang ada di dalam tubuh wanita, baik itu kista rahim, mioma uteri, kista coklat, biasanya tidak memberikan gejala, dan penanganannya hanya melalui observasi saja di dokter kandungan dan melalui USG. Kista ini dapat membesar saat terjadi kehamilan dan menstruasi, namun dapat mengecil kembali setelah persalinan dan menstruasi selesai. Kista yang dilakukan penanganan khusus jika kista tersebut bertambah besar, menekan organ tubuh yang lain, menyebabkan perdarahan vagina secara terus menerus, dan kista yang dicurigai bersifaf kearah keganasan. Untuk itu, jika sudah dilakukan pengangkatan kista, observasi masih harus tetap dilakukan.Telat datang bulan merupakan salah satu tanda terjadinya kehamilan. Namun hal ini tidak atau sulit ditentukan bagi orang dengan siklus menstruasi yang tidak teratur. Untuk itu, Jika Anda mengalami telat datang bulan disertai tanda dan gejala kehamilan, seperti tidak enak di perut, gangguan mood, adanya mual yang berlebih terutama di pagi hari, keinginan untuk BAK yang meningkat, perubahan pada payudara seperti puting dan aerola menjadi lebih gelap, Anda dapat melakukan pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack yang gampang dan mudah untuk dibeli di apotek. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan USG di dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat dan sekalian kontrol kista Anda.Semoga bermanfaat dan semoga sehat selalu."Salam sehat,dr. Lidya Hapsari." 
kehamilankontrasepsikista ovarium
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil