12 May 2020, 15:44Penyakit Lainnya

Mengapa saya susah tidur dan bagaimana solusinya?

ES
Info Penanya: ES, Pria, 18 Tahun
Halo dok, akhir-akhir ini saya sering tidur diatas jam 12 malam. Walaupun sorenya saya melalukan aktifitas fisik seperti olaharaga, tetap saja malamnya saya tidak bisa tidur cepat. Dikarenakan ketika mau tidur, ada saja hal2 yang membuat saya kepikiran dan juga saya pernah tidur jam 10 malam kemudian bangun jam 2 malam yang mana saya hanya tidur 4 jam. Bagaimana solusi nya dok agar saya dengan mudahnya langsung tertidur tanpa harus terpikir hal2 yang tidak penting
5807 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat sore, ESTerima kasih atas pertanyaan Anda.Insomnia merupakan suatu masalah tidur yang di tandai dnegan sulit untuk memulai tidur. Adapun gejala yang muncul pada orang dengen insomis adalah dirasakannya sulit tidur / tidak bisa tidur walau sudah mencoba dengan berbagai cara untuk tidur, sering terbangun tiba-tiba dimalam hari dan sulit untuk memulai tidur kambali, merasa lelah dan pusing saat bangun dari tidur atau justru bangun terlalu pagi atau dini hari.

Adapun penyebab dari insomnia adalah sebagai berikut:

  • Faktor lingkungan, seperti kondisi ruang tidur kurang nyaman, penerangan terlalu terang, suhu kamar tidak sesuai (terlalu panas / terlalu dingin), bising dsb
  • Stres
  • Konsumsi obat-obatan tertentu
  • Perubahan jam tidur, seperti pada jet lag atau bekerja dengan shift malam
  • Depresi
Beberapa tindakan yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi insomnia diantaranya adalah sebagai berikut:
  • Pastikan ruang tidur Anda nyaman, baik dari segi kebersihan, suhu ruangan, pencahayaan, serta tempat tidur.
  • Terapkan jam tidur yang teratur
  • Hindari penggunaan gadget menjelang waktu tidur dan selama anda berada di tempat tidur
  • Hindari konsumsi makanan / minuman yang mengandung kefein, nikotin dan atau alkohol
  • Rajin berolahraga agar badna tetap bugar
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah-buahan
  • Cukupi kebutuhan cairan harian 
  • Hindari stres dan kelelahan
Jika keluhan dirasa tidak membaik, sebaiknya kunjungi dokter spesialis jiwa terdekat untuk dilakukan pemeriksaan dan penatalaksaan yang sesuai dengan keluhan Anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat, dr. Dian
tidurgangguan tidurinsomnia
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil