Susah tidur karena susah bernapas

M Info Penanya: M, Pria, 2019 Tahun
Halo dokter, selamat malam.Saya susah tidur karena susah bernafas, hidung terasa seperti mampet meskipun tidak sedang flu, pernafasan saya juga serasa pendek. Jika mencoba bernafas dalam-dalam paru-paru saya kerasa aneh dan seperti hangat begitu. Apa yang harus saya lakukan dokter?Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Keluhan hidung seperti tersumbat dapat membuat pernapasan menjadi tidak nyaman ataupun sampai kesulitan bernapas. Hidung tersumbat sendiri dapat muncul tidak hanya karena sedang pilek atau flu. Beberapa penyebab timbulnya hidung tersumbat tapi tidak pilek diantaranya adalah:

  • Reaksi alergi, karena udara dingin, debu, makanan atau minuman tertentu, tungau, serbuk tumbuhan, paparan bahan kimia
  • Polip hidung 
  • Penyakit sinusitis
  • Kelainan pada dinding pembatas hidung atau septum
  • Kelebihan berat badan

Sedangkan rasa tidak nyaman atau napas pendek-pendek dapat timbul akibat sesak napas yang dipicu oleh gangguan saluran pernapasan, asma yang ditandai dengan napas berbunyi, gangguan pencernaan, gangguan jantung dan penyebab lain.

Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa cara seperti mencuci hidung dengan air hangat atau larutan garam, menjaga kelembapan udara ruangan, memposisikan kepala lebih tinggi dengan menambah bantal, serta menjaga suhu udara agar tetap nyaman. Apabila keluhan disertai nyeri dada, sesak napas, sulit bernapas, mual dan muntah, keringat dingin, bibir dan kuku tampak kebiruan maka perlu untuk segera mendapatkan penanganan ke rumah sakit. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menarik napas dalam-dalam melalui perut dapat menjadi cara untuk mengatasi sesak napas

Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat dan Alami

Sesak napas dapat disebabkan oleh banyak hal seperti kelebihan berat badan, asap rokok, alergi, suhu ekstrim, dan gelisah. Hal ini juga dapat disebabkan oleh penyakit seperti asma, anemia, tbc, kanker, dan paru. Sesak napas dapat diatasi tanpa obat-obatan yaitu dengan cara bernapas melalui mulut, tarik napas yang dalam, berbaring, mengonsumsi jahe, dan gaya hidup sehat.