Susah tidur di malam hari padalah seharian sudah bekerja?

AS Info Penanya: AS, Pria, 42 Tahun
sy merasa susah tidur malam hr,padahal seharian sdh bekerja
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, AS

Anda mengalami gejala insomnia, yaitu sulit tertidur atau tetap tertidur. Sehingga merasa kurang tidur sehingga timbul gejala lelah, kurang berenergi, sulit konsentrasi, gangguan mood dan menurunnya performa saat kerja.

Pada kasus akut (sementara) biasanya akibat peristiwa hidup seperti malam sebelum ujian atau setelah menerima berita buruk atau stres dan biasanya akan hilang dengan sendirinya. Sedangkan untuk kasus kronis, terjadi 3 malam tiap minggu dan sudah berlangsung lebih dari 3 bulan. Perubahan lingkungan, kebiasaan tidur buruk, kerja shift, gangguan klinis atau penggunaan obat-obatan bisa mengakibatkan gangguan tidur.

Untuk menanganinya anda perlu diskusi dengan Dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut serta pemberian obat atau terapi yang tepat. Saya lampirkan juga artikel mengenai Susah Tidur di Malam Hari, Apakah Selalu Insomnia.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penangkal mimpi buruk tidak selalu berkaitan dengan hal-hal mistis, tetapi bisa dilakukan secara ilmiah

Ini Dia Penyebab dan Penangkal Mimpi Buruk Secara Ilmiah

Hampir semua orang pernah mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk membuat kita terbangun dari tidur sehingga mengganggu istirahat. Beberapa orang bahkan pernah mengalami mimpi buruk berkelanjutan sehingga sulit tidur. Mimpi buruk juga sering dikaitkan dengan hal mistis. Beberapa orang yang mengalami hal ini seringkali mencari penangkal mimpi buruk dengan berkonsultasi ke paranormal. Padahal penyebab dan penangkal mimpi buruk bisa dipandang dari sudut ilmiah, lho.