Apa penyebab susah menguap, nelan, dan bersin?

JC Info Penanya: JC
Malam Dok. Saya rina, umur 35 tahun. Sudah 3 hari saya susah nguap, menelan, dan bersin. Dan saya sering mengalami ini terutama kalau bangun kepagian. Kira2 kenapa ya dok, dan bagaimana solusinya?Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi JC,

Tidur malam merupakan salah satu faktor yang berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang. Bila Anda sering bersin-bersin di pagi hari kemungkinan ada faktor alergi dingin. Namun bila keluhan tersebut disertai dengan susah menelan, mungkin sedang ada iritasi di dalam tenggorokan akibat makan makanan yang banyak bumbu penyedapnya, asam lambung yang meningkat, atau adanya infeksi bakteri.

Perihal susah menguap apa yang Anda maksud susah membuka mulut lebar? atau jarang menguap? Bila jarang menguap bisa disebabkan karena kualitas tidur sudah baik, namun bila maksud Anda adalah susah membuka mulut lebar ketika menguap maka bisa disebabkan oleh gangguan di sendi rahang Anda, adanya trismus, adanya pembengkakan di rongga tenggorokan Anda, atau hanya masalah kram otot saja.

Sementara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi keluhan Anda adalah :

  1. Kompres wajah dengan air hangat untuk relaksasi otot-otot wajah.
  2. Atur suhu kamar jangan terlalu dingin.
  3. Perbanyak makan sayur dan buah.
  4. Jangan sering begadang.
  5. Hindari makan sebelum tidur, boleh makan maksimal 3 jam sebelum tidur.

Bila keluhan menetap, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan kondisi Anda.

Salam sehat,

dr. Vina

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Konsentrasi dan kesehatan anak antara lain dipengaruhi oleh durasi serta jam tidurnya.

10 Fakta Menarik tentang Waktu Tidur Anak

Otot-otot pada tubuh anak, termasuk jantung, akan mengalami perbaikan saat tidur. Tidur juga membantu anak mengontrol sinyal yang memberitahu kondisi lapar atau kenyang. Kemampuan ini menunjang anak dalam menjaga berat badan tetap ideal.