Tenggorokan mengganjal dan nyeri, apa penyebabnya?

CA Info Penanya: CA
DokSaya tiba tiba susah menelan.Kalau mau menelan seperti ada yang mengganjal dileher dan sakit seperti ada yg berjalan di tenggorokan.Dan susah sendawa juga.Itu kenap ya??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, CA.

Sensasi mengganjal dan nyeri saat menelan pasti akan menyebabkan rasa tidak nyaman kepada siapapun. Biasanya, sensasi ini muncul karena ada bagian saluran napas atas yang meradang atau infeksi. Hal ini disebut dengan ISPA atau infeksi saluran pernapasan akut, dan bisa terjadi di bagian saluran napas mana saja, seperti misalnya amandel (tonsilitis) atau tenggorokan (faringitis).

Ketika Anda mengalami hal ini, coba untuk lakukan hal-hal berikut di rumah:

  • Hindari mengonsumsi makanan pedas dan berminyak
  • Konsumsi makanan yang lunak dan mudah ditelan untuk sementara waktu, seperti bubur, nasi tim, atau smoothies
  • Konsumsi vitamin C, bisa berbentuk suplementasi atau dari makanan
  • Cukupi kebutuhan air putih per hari
  • Banyak beristirahat dan tidak begadang

Tetapi perlu diketahui, saat ini sedang ada wabah COVID-19 dan salah satu gejala penyakit tersebut juga nyeri tenggorokan yang biasanya disertai demam dan sesak. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya lakukan karantina mandiri di rumah. Apabila selama 14 hari keluhan Anda menghilang dengan sendirinya, kemungkinan besar hanya ISPA. Tetapi, jika gejala memberat, Anda bisa menelepon 119 ext 9 untuk mengetahui apakah perlu memeriksakan diri ke rumah sakit rujukan atau tidak.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri-ciri TBC bisa muncul setelah 1-12 minggu Anda terpapar bakteri Mycobacterium tuberculosis

Ciri-Ciri TBC Tak Hanya Batuk Berdahak

Tuberkulosis, atau kerap disingkat TBC termasuk penyakit menular yang paling sering menyerang paru-paru. Menurut WHO, penyakit ini adalah salah satu dari 10 penyebab utama kematian di seluruh dunia. Karena itu, ciri-ciri TBC penting untuk diketahui agar tidak terlambat ditangani dan berujung fatal.