Apa penyebab tenggorokan sakit saat menelan?

K Info Penanya: K
Selamat malam dok, sudah 3 hari ini tenggorokan saya sangat sakit untuk menelan apapun apa lagi air liur, itu di sebabkan oleh apa dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi K,

Sakit tenggorokan adalah keluhan yang timbul karena beberapa penyebab seperti adanya radang tenggorokan, penyakit asam lambung, reaksi alergi, ataupun bisa karena infeksi saluran pernapasan. Sakit tenggorokan juga bisa disertai gejala lain seperti batuk, pilek, demam, rasa tidak nyaman di dada, dan juga saluran pencernaan. 

Untuk meredakan sakit tenggorokan bisa dilakukan beberapa cara seperti bisa dengan mengonsumsi lebih banyak air putih, minum air lemon atau air jahe hangat, konsumsi madu, dan bisa juga minum paracetamol untuk meredakan nyeri. Permen pelega tenggorokan juga bisa dikonsumsi tapi pilih yang rendah gula. Upayakan makan dan minum yang mudah dicerna dan jangan terlalu panas ataupun dinign

Jika keluhan sudah berlangsung 3 hari dan tidak ada perbaikan, ada baiknya memeriksakan diri pada dokter atau dokter spesialis THT terlebih jika ada sesak, sulit makan dan minum, dada terasa panas ataupun demam tinggi, agar segera mendapatkan penanganan. Hindari juga kebiasaan merokok, paparan alergen seperti debu, asap kendaraan dan juga lainnya dengan menggunakan masker jika berada diluar ruangan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat untuk tenggorokan gatal, bisa didapatkan secara bebas di apotek

Cara Jitu Mengatasi Tenggorokan Gatal dengan Obat dan Alami

Cara mengatasi tenggorokan gatal sangatlah beragam. Obat-obatan hingga bahan alami, bisa menjadi pilihan. Namun, agar pegobatan yang dijalani lebih efektif, Anda perlu mengetahui juga penyebab awal tenggorokan gatal yang dialami.