Susah makan pada anak

E Info Penanya: E, Wanita, 24 Tahun
Selamat siang Dokter,Dok, anak saya memiliki masalah nafsu makan. Puteri saya berusia 7 bulan dengan berat 6,1 Kg dan panjang 65 cm. Awalnya puteri saya memiliki berat badan 2,450 Kg. Diusianya ke-7 bulan ini, puteri saya mulai susah makan padahal saya sudah coba berbagai makanan dan buah, selain itu puteri saya juga tidak mau minum susu formula. Bagaimana cara agar bisa anak saya memiliki nafsu makan serta menaikan berat badannya ya, Dok? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Untuk Ibu E,

Perkiraan Berat Badan bayi umur 7 sampai 9 bulan adalah sekitar 8 Kg sampai 8.9 Kg dengan perkiraan panjang badan sekitar 75 cm. Dari angka perkiraan ini maka berat badan dan panjang badan anak ibu sekarang masih dibawah perkiraan normal.

Untuk menaikan berat badan pada anak, perhatikan pola makan yang diterapkan untuk anak.
Berikan ASI apabila masih dapat diberikan, dan cobalah memberikan susu formula sebagai tambahan atau pengganti ASI nantinya. Bila saat ini anak belum menyukai susu formula maka mungkin belum ditemukan merk dan rasa yang cocok yang disukai anak, cobalah saja terus.

Pemberian nasi tim atau bubur susu dapat dilakukan pagi, siang, dan sore hari. Untuk selingan berikan pisang yang dihancurkan atau buah lainnya  dua kali diantara setiap waktu makan. Selingan dapat juga diberikan kue – kue, agar – agar atau olahan buah lainnya. Pemberian susu formula adalah sampai mencapai kebutuhan anak yaitu sekitar 360 cc perhari. Pemberian susu dapat dibagi dalam 2 sampai 3 kali waktu pemberian. Hindari anak dari mengenal jajanan warung dan permen atau makan manis lainnya karena tidak bagus untuk gizi dan mengganggu pola makan anak nantinya.

Selain pola makan, perlu diperhatikan waktu untuk tidur anak sampai usia 2 tahun adalah 10 sampai 14 jam yang dapat dibagi dalam 2 sampai 3 kali  waktu tidur.

Kecepatan metabolisme anak-anak berbeda – beda, ada anak yang setelah makan banyak langsung pup dan masih dalam kondisi normal.

Bila pola makan dan waktu tidur telah disesuaikan, namun kenaikan berat badan belum mencapai berat badan normal, maka sebaiknya Ibu mengunjungi Dokter Spesialis Anak (SpA) untuk melakukan konsultasi lebih lanjut.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengetahui cara menghitung IMT penting jika Anda ingin melihat kondisi Anda terlalu gemuk atau sebaliknya

Cara Menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT) yang Akurat

Mengetahui cara menghitung indeks massa tubuh (IMT) yang benar, sangat berguna bagi kesehatan Anda. Pasalnya, memiliki IMT terlalu rendah atau kelewat tinggi, bisa meningkatkan risiko Anda terkena penyakit tertentu.