Susah hamil stelah lepas pil kb

RY Info Penanya: RY
Kenapa setelah lepas pil KB sudah 4 THN stengah blum2 juga hamil....??apa solusix yaa dok..!!,,,
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selama siang RY,

Tidak hamil setelah lepas KB dapat merupakan kondisi gangguan fertilitas yang disebut dengan subfertil sekunder jika sebelumnya sudah pernah hamil. Penyebab sulit hamil kembali setelah lepas KB sendiri tidak semata-mata permasalahan kesuburan pada wanita saja. Untuk itu apabila sudah lepas KB lebih dari 4 tahun tapi belum juga hamil perlu dilakukan pemeriksaan kesuburan baik pada Anda dan juga suami agar dicari tahu apa yang jadi permasalahannya.

Nantinya pada wanita perlu dilakukan pemeriksaan USG dan pemeriksaan lain seperti HSG untuk menilai ada tidaknya masalah pada saluran reproduksi yang bisa membuat sulit hamil. Pada pria perlu dilakukan pemeriksaan analisa sel sperma untuk melihat apakah kualitas sperma baik atau tidak.

Sebenarnya penggunaan pil KB sendiri jarang memerlukan waktu lama untuk kembali subur, berbeda dengan penggunaan KB suntik dimana perlu waktu untuk bisa kembali subur setelah lepas KB.

Nantinya apabila sudah diketahui penyebab masalah kesuburannya dapat dilakukan program hamil yang sesuai, baik dilakukan penanganan dengan terapi hormonal ataupun dilakukan metode lain seperti misalnya inseminasi buatan sampai metode IVF atau bayi tabung. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Miom atau mioma adalah penyakit rahim berupa tumor jinak yang akan mengakibatkan wanita sulit hamil

Ciri-ciri Penyakit Miom Tak Hanya pada Gangguan Siklus Haid

Miom adalah penyakit yang menyebabkan sulit hamil hingga keguguran pada wanita. Gangguan siklus haid memang menjadi ciri-ciri penyakit miom, tapi gejalanya tidak hanya itu. Jangan sampai salah mengenali gejalanya agar bisa dideteksi dengan tepat.