03 Feb 2021, 20:39Kandungan

Mengapa setelah lepas implan sulit untuk hamil ?

VC
Info Penanya: VC0
Selamat malam dok.... Ijin tanya... mengapa saya susah hamil yah setelah lepas KB. Saya pake KB implan udah 9 tahun dan sekarang udah dilepas setahun tapi kok saya belum hamil yah ??? Padahal haid saya lancar ... mohon pencerahannya Dok ???? Terima kasih...
991 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, V.Kehamilan merupakan proses panjang dimana cikal bakal lahirnya seorang bayi dimulai dari hubungan seksual yang diikuti dengan pembuahan sel telur oleh sperma di dalam tuba falopi. Pembuahan yang terjadi tidak selamanya berhasil, termasuk pembuahan secara buatan saat proses bayi tabung dilakukan.

Mengapa setelah lepas implan sulit untuk hamil ?

Salah satu alat kontrasepsi yang dapat menjadi pilihan bagi pasangan yang ingin menunda kehamilan adalah KB implan, dimana KB implan ini disisipkan pada bagian bawah kulit lengan kiri wanita. Sebelum memasukkan KB implan, kulit diberikan bius dan dibuat sayatan kecil terlebih dahulu, begitu pula saat melepaskan implan.KB implan efektif dalam mencegah kehamilan karena kandungan progesteron di dalamnya. Jangka waktu penggunaan KB implan sekitar 3 tahun. KB implan dapat dipasang dan dilepas kapan saja. Masa subur pada wanita juga cepat kembali setelah melepas KB implan.Anda yang tidak kunjung hamil walau udah melepas KB impan, dan haid secara teratur bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya masalah di organ reproduksi dimana sel telur yang dihasilkan tidak baik, sumbatan yang terjadi di saluran tuba falopi, kondisi PH vagina yang tidak seimbang, ataupun faktor dari laki-laki, dimana jumlah sperma tidak cukup untuk membuahi sel telur, sperma bergerak tidak normal, atau sperma yang banyak berguguran tidak mencapai tuba. Anda dapat melakukan pemeriksaan di dokter spesialis kandungan begitu pula pasangan Anda agar program kehamilan yang Anda inginkan dapat berhasil. Terus lakukan pola hidup yang sehat, terus berusaha, dan semangat serta bersabar menanti buah hati kembali.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
meningkatkan kesuburanmerencanakan kehamilantes kesuburan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil