Susah buat tidur

AL Info Penanya: AL, Wanita, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya ... Ibu saya matanya suka sakit dan susah buat tidur. Dalam arti sudah berasa kantuk tp kondisi mata susah buat di meremin . Itu kenapa ya dok... Terima kasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore AL,

Kondisi yang dialami ibu Anda dapat merupakan gangguan tidur, salah satunya adalah insomnia dimana insomnia sendiri adalah kondisi sulit untuk memulai tidur, sulit mempertahankan tidur ataupun sulit kembali tidur jika terbangun. Keluhan mata yang nyeri sendiri perlu diperhatikan apabila sakit hanya timbul jika akan tidur malam tetapi jika siang atau memejamkan mata secara sengaja tidak menimbulkan gejala sakit. Ataupun adanya gejala lain seperti mata merah, mata bengkak, gatal, sakit kepala atau sulit memejamkan mata.

Sulit tidur sendiri dapat dipicu oleh beragam penyebab mulai dari kondisi psikis seperti stres, faktor lingkungan yang terlalu bising, pencahayaan yang terlalu terang, suhu udarah yang tidak nyaman, efek obat tertentu, menderita penyakit kronis yang menimbulkan rasa sakit sehingga sulit untuk tidur, dan penyebab lainnya.

Apabila tidak ada faktor-faktor lain yang memicu ada baiknya mencoba beberapa hal pada ibu Anda seperti membuat ruang tidur lebih nyaman, mematikan lampun jika dirasa cukup silau, menggunakan penutup mata ketika akan tidur dapat juga menggunakan penutup mata dengan gel didalamnya sehingga memberi rasa nyaman di mata, melakukan relaksasi dan memeriksakan diri pada dokter jika keluhan masih tetap timbul dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Parasomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan suatu peristiwa tidak diinginkan selama fase tidur

Berbagai Jenis Gangguan Tidur Parasomnia

Parasomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan suatu peristiwa tidak diinginkan selama fase tidur. Parasomnia memiliki beragam jenis yang berbeda. Misalnya, sering mimpi buruk, terbangun di malam hari, hingga tidur berjalan.