30 Dec 2020, 22:10Perut

Apa penyebab BAB sedikit, keras, dan susah keluar ?

HM
Info Penanya: HM0
Dok kalau bab susah keluar dan hanya lendir yg keluar dan perut semakin membengkak dan sesak nafas sakit jg dada dok
2004 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, H.Proses pencernaan diawali dari proses mengunyah di mulut, menyebabkan makanan menjadi lebih halus dan siap masuk ke kerongkongan atau yang disebut dengan esofagus menuju lambung. Esofagus memiliki beberapa katub yang berfungsi agar makanan tidak kembali keluar dari lambung. Setelah makanan masuk ke lambung, maka lambung akan mengeluarkan asam dan enzim yang berfungsi untuk melumat makanan serta membunuh kuman dan bakteri yang ikut terbawa bersama makanan. Enzim yang berada di lambung juga berasal dari pankreas seperti enzim lipase, dan amilase yang berguna untuk mencerna lemak dan protein.

Bagaimana proses pencernaan makanan setelah masuk ke usus ?

Makanan yang sudah diolah di lambung akan turun menuju usus halus. Proses pencernaan di usus halus ini juga dibantu cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Makanan yang ada akan disalurkan menuju usus besar setelah dilakukan penyerapan nutrisi makanan. Di dalam usus besar, makanan ini hanya tinggal sisa-sisa berupa feses yang akan didorong menuju rectum atau anus. Jika anus sudah terisi penuh, maka tubuh akan mengkode untuk melakukan pembuangan akhir "BAB".

Apa penyebab BAB sedikit, keras, dan susah keluar ?

Jika proses pencernaan ini tidak berlansung dengan baik, bisa karena peristaltik (kontraksi usus) yang bermasalah, pelebaran pembuluh darah anus akibat ambeien, kurangnya makanan dan minuman yang masuk terutama makanan berserat sehingga feses yang dikeluarkan menjadi sedikit, keras, dan susah keluar.Akibat penumpukan feses di saluran pencernaan baik usus halus, usus besar, maupun anus membuat perut terasa tidak nyaman dan membengkak. Untuk itu ubah pola makanan dengan makan sedikit tapi teratur, konsumsi air putih yang cukup, makan makanan berserat tinggi, kurangi makanan berlemak yang sulit dicerna.Penyebab sesak nafas dan nyeri dada selain karena asam lambung yang meningkat, juga dapat disebabkan oleh masalah jantung. Untuk itu, jika nyeri dada disertai keringat dingin, rasa tercekik, hingga ke rahang dan lengan kiri, segera ke dokter.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
konstipasigangguan pencernaanwasir
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil