Susah Bicara Sejak Bayi, Apa Alasannya?

AA Info Penanya: AA, Pria, 30 Tahun
Dear Dokter, Mohon bantuannya. Ada wanita usia 42 tahun belum menikah, ia punya kelainan susah bicara sejak bayi dengan suara bindeng dan kurang jelas. Termasuk kategori penyakit apa itu? Apakah THT? Apa masih bisa disembuhkan?Terima kasih sebelumnya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Bapak ARS,

Kelainan bicara sejak  awal pertumbuhan, dan menjadi permanen saat seseorang menjadi dewasa, besar kemungkinan disebabkan karena adanya kelainan pada telinga dan alat pendengaran yang diperoleh sejak bayi. Bisa saja akibat proses dalam kandungan ataupun sejak awal pertumbuhan bayi sehingga menyebabkan kelainan yang menetap.

Untuk lebih pastinya Bapak dapat mengunjungi Dokter Spesialis Telinga Hidung dan tenggorokan (Sp.THT) supaya dilakukan pemeriksan lebih lanjut.

 

Salam Sehat

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gangguan pada telinga sering dikaitkan dengan faktor usia seperti presbikusis. Ternyata gangguan telinga dapat dialami oleh siapa saja

Ketahui 6 Penyebab Gangguan pada Telinga

Gangguan pada telinga umumnya terjadi pada kaum lansia, tetapi gangguan tersebut bisa terjadi pada siapa saja. Gangguan telinga tidak hanya berkisar pada gangguan pendengaran saja, tetapi juga dapat berupa sakit pada telinga dan infeksi akibat kotoran telinga.