Susah bernapas saat berlari

I Info Penanya: I, Pria, 29 Tahun
Dok, mengapa sekarang kalo saya berlari hanya beberapa meter saja napas sudah ngos-ngosan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Yth Bapak I,

Sayang sekali informasi yang Bapak berikan kepada kami sangat minim, informasi penting lainnya seperti : apakah sebelumnya Bapak adalah seorang yang rutin melakukan olah raga lari ? Frekwensi waktu dan jarak berlari yang selama ini ditempuh ? dan lain lain.

Secara alami seseorang akan gampang kehabisan napas bila berlari, karena otot – otot secara otomatis membutuhkan oksigen lebih banyak saat melakukan aktifitas fisik, dan paru – paru akan bekerja lebih untuk menyerap oksigen dari udara.

Penting diperhatikan sebelum melakukan olahraga apapun diperlukan pemanasan untuk menghindari kram otot. Bila badan terasa lelah sebaiknya perlambat lari atau berjalan cepat dulu.

Saat berlari diperlukan teknik bernapas yang benar supaya tidak cepat kehabisan napas dan ngos – ngosan. Mengoptimalkan cara bernapas yang efisien dapat membuat kita berlari  lebih jauh dengan dengan perasaan nyaman.

Teknik dan cara bernapas yang baik saat berlari adalah sebagai berikut :

1. Bernapas dari mulut
Menggunakan mulut untuk napas memungkinkan lebih banyak oksigen yang masuk dan memudahkan pertukaran udara. Posisi ini juga menyebabkan otot-otot wajah lebih santai.

2. Gunakan pernapasan melalui perut, bukan dada.
Cobalah bernapas dari perut atau diafragma. Cara melatihnya dengan berbaring terlentang dan lihat gerakan perut saat bernapas. Jika saat bernapas dengan benar maka seharusnya perut naik dan turun setiap kali napas, sementara dada kurang bergerak. Lakukan teknik ini saat berlari.

3. Mengambil napas pendek dan dangkal, bukan napas panjang.
Atur ritme napas menjadipendek-pendek dan bukan napas panjang saat berlari, membuat napas tidak cepat ngos-ngosan.

4. Napas yang  berirama

Saat berlari bernapaslah dengan konsisten, contohnya tarik napas setelah lari 2 langkah, begitu seterusnya, disesuaikan dengan kondisi tubuh saat berlari.

5. Dengarkan Napas

 

 

Saat berlari, dengarkan suara napas, bila mulai ngos-ngosan perlambat kecepatan, namun bila napas sudah stabil percepat kembali lari.

Untuk dapat menguasai tekhnik – tekhnik ini diperlukan latihan yang berulang-ulang dan komitmen.

Selamat berlatih.

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat berenang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti menyehatkan jantung hingga mengurangi stress

16 Manfaat Renang Bagi Tubuh Ini Tak Bisa Diremehkan

Berenang adalah olahraga yang menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, ternyata renang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat olahraga renang antara lain adalah menyehatkan jantung, membakar kalori, meringankan gejala asma, hingga mengurangi stress.