Perut penuh, sesak napas, mual, saya kenapa ya?

TS Info Penanya: TS, Wanita, 15 Tahun
Dok saya mau tanya saya sakit apa ya,saya tidak diperiksa soalnya saya takut,saya sering merasa perut sering kenyang padahal belum makan,sulit bernafas,sakit dada,mual ingin muntah tapi tidak muntah,keringat dingin,kira kira saya kenapa ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, TS.

Di dalam perut, terdapat berbagai macam organ, terutama sistem pencernaan. Sistem pencernaan sendiri terdiri dari lambung, usus besar, usus dua belas jari, usus halus, hingga pada akhirnya bermuara di rektum. Semua organ dalam sistem pencernaan bertugas untuk mencerna makanan yang masuk, memisahkan dan menyerap nutrisinya, kemudian membuang sisanya.

Ketika seseorang makan, biasanya akan terasa kenyang atau penuh pada perut. Namun, kondisi yang Anda rasakan, yaitu perut kenyang padahal belum makan, bisa disebabkan karena hal-hal berikut:

  • GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), yaitu kondisi ketika asam lambung naik ke tenggorokan. Hal ini bisa menyebabkan sensasi panas di dada, yang terkadang disertai nyeri dan susah bernapas.
  • Ulkus duodenum, yaitu ketika lapisan dalam usus besar mengalami luka. Kondisi ini biasanya disertai dengan perasaan mual dan nyeri pada perut.
  • Konstipasi atau sembelit, yaitu kondisi apabila seseorang tidak cukup serat atau air, yang menyebabkan pembentukan feses menjadi lebih keras daripada biasanya
  • Konsumsi makanan berlemak yang terlalu banyak, sehingga menyebabkan perut menjadi penuh dengan gas

Untuk menentukan terapi yang tepat terhadap kondisi Anda, perlu dicari tahu dulu penyebab pasti gejala yang Anda rasakan. Anda bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis penyakit dalam. Dokter akan menanyakan riwayat perut Anda, kemudian melakukan pemeriksaan penunjang jika diperlukan.

Untuk sementara, Anda dapat melakukan beberapa hal ini di rumah:

  • Kurangi konsumsi makanan berlemak atau sayuran tertentu (brokoli, kembang kol, dan kol) karena bisa menyebabkan gas yang terperangkap di dalam perut
  • Mengonsumsi lebih banyak sayur berdaun hijau (bayam, kangkung, selada) dan buah-buahan yang tinggi serat
  • Minum air putih dalam jumlah yang cukup
  • Hindari minuman dengan gula buatan tambahan
  • Makan teratur, sedikit-sedikit tetapi sering
  • Berjalan-jalan kecil setelah makan, jangan berbaring atau tengkurap minimal 30 menit setelah makan

Terima kasih atas pertanyaan Anda di forum SehatQ, semoga apa yang disampaikan bermanfaat. 

 

Salam sehat,
dr. Sylvia V

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh TS
27 Mar 2020, 18:15
Terimakasih atas jawabannya dok,saya akan melakukan yg harus saya lakukan
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh
27 Mar 2020, 18:40
Sama-sama, TS. Semoga lekas sehat kembali.
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Asam lambung naik ditandai dengan nyeri ulu hati, mual, dan perut terasa kembung

Bagi Penderita GERD Waspadai 6 Ciri Asam Lambung Naik

Ciri-ciri asam lambung naik pada penderita GERD berupa dada nyeri dan terbakar hingga rasa pahit di tenggorokan. Cara antisipasinya dengan makan porsi kecil dan sering.