Bagaimana mengatasi susah bab (sembelit)

GS Info Penanya: GS, Pria, 1 Tahun
Bagaimana caranya biar bab tratur dan apa obat nya biar bab lancar dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, GS.

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Susah buang air besar (BAB) atau yang dikenal juga dengan sembelit dan konstipasi adalah keluhan umum yang yang dapat terjadi pada segala usia. Keadaan tersebut dapat menjadi kronis ketika berlangsung selama beberap minggu atau bahkan lebih. Seseorang dikatakan sembelit saat aktivitas BAB nya hanya dapat terjadi tiga kali atau kurang, dalam jangka waktu satu minggu.

Pada dasarnya, penyebab dari sembelit adalah multifaktorial. Mulai dari pola makan yang kurang asupan serat, kurang asupan cairan, hingga kurang nya bergerak secara aktif merupakan faktor-faktor yang terjadi bersamaan dan mengakibatkan sembelit.

Berikut juga terdapat beberapa faktor lainnya yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengalami sembelit, diantaranya adalah :
  • kerap kali menunda atau menahan keinginan untuk BAB
  • stres, kecemasan dan depersi
  • perubahan pola makan saat bepergian
  • efek samping dari penggunaan jenis obat-obatan tertentu
  • kondisi medis atau penyakit tertentu seperti penyakit parkinson, diabetes, irritable bowel syndrome, keganasan dan lain-lainnya
  • penyalahgunaan obat pencahar (laksatif)
  • gangguan hormonal
  • kelainan pada otot dan saraf di usus besar
  • gangguan pada otot-otot dasar panggul

Terkait dengan pertanyaan Anda, cara mengatasi sembelit yang utama adalah merubah pola makan dan pola hidup seperti konsumsi makanan tinggi serat seperti sayuran hijau dan buah pepaya, berolah raga secara teratur untuk memperbaiki fungsi pergerakan usus, memenuhi kebutuhan air putih harian khususnya 3,6 L/hari pada pria, dan hindari menunda dan menahan keinginan untuk BAB. Anda juga dapat mengonsumsi suplemen untuk membantu melancarkan BAB, seperti suplemen probiotik dan suplemen serat.

Mengenai penggunaan obat pencahar, diperlukan konsultasi lebih lanjut secara langsung dengan dokter sebelum pemakaiannya, karena dapat mengakibatkan efek samping ketergantungan atau malah menyebakan sembelit semakin parah pada penggunaan yang tidak sesuai dosis dan cara penggunaannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.

Salam sehat,

dr. Rahmita Dewi

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Menahan BAB dan menahan kentut akan memberikan dampak bagi kesehatan, misalnya menyebabkan feses menjadi keras dan juga menimbulkan rasa tidak nyaman

Ini Alasan Kenapa Menahan BAB atau Menahan Kentut Tidak Disarankan

Kebiasaan menahan BAB dapat menyebabkan konstipasi hingga hilangnya kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB.