Susah buang air besar pada anak usia 2 bulan

HR Info Penanya: HR
Dok knpa ya anak saya udah umur 2 bln. belum bab udah 1 minggu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HR,

Sulit buang air besar atau konstipasi pada anak baru lahir bisa terjadi karena beberapa penyebab. Salah satunya bisa terjadi karena konsumsi susu formula, pola makan atau asupan makan ibu yang kurang baik pada ibu yang menyusui, ataupun bisa karena adanya masalah pada saluran cerna bayi.

Konstipasi sendiri bisa ditandai dengan buang air besar yang kurang dari 3 kali dalam 1 minggu, feses atau tinja yang keras dan juga masalah kesulitan buang air besar lainnya. Apabila kurang dari itu maka perlu diperhatikan apa yang jadi penyebabnya.

Untuk bisa membuat bayi usia 2 bulan kembali lancar buang air besar bisa dilakukan beberapa cara seperti:

  • Berikan lebih banyak ASI
  • Jika menggunakan susu formula, perhatikan takaran yang diberikan saat membuat susu
  • Bisa coba ganti produk susu formula jika menggunakan susu formula
  • Mandikan bayi dengan air hangat agar otot perut bisa rileks
  • Pada kondisi tertentu bisa diberikan obat pelunak feses berdasarkan anjuran dokter untuk membantu bayi buang air besar

Jadi jika sudah 1 minggu tidak BAB dan tidak diketahui pasti kondisinya, ada baiknya bisa memeriksakan bayi pada dokter terdekat, hindari memberikan bayi sembarangan obat ataupun memberikan makanan pada bayi dibawah usia 6 bulan. Bisa bantu juga dengan memijat dengan lembut bagian perut bayi. Jika nantinya didapatkan BAB yang lebih gelap atau anak kesakitan atau kesulitan saat buang air besar maka perlu dipastikan apa yang menjadi penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Akibat menahan BAB dapat berbahaya bagi otot rektum

Akibat Menahan BAB dan Menahan Kentut bagi Kesehatan Tubuh

Akibat menahan BAB cukup berbahaya. Selain dapat menyebabkan konstipasi, kemampuan otot rektum untuk merasakan sensasi ingin BAB juga bisa menghilang.