Apa yang harus dilakukan saat sulit BAB?

L Info Penanya: L, Wanita, 21 Tahun
Dok sy selalu susah bab tp skrng lbh parah krn sy sdh seminggu tdk bs bab sampai ada benjolan besar pipih dileher serviks yg ketika dipencet otot anus kencang. Sy coba bab dan skt sekali lalu sy paksakan mengejan hingga 3kali. Ketika selesai anus sy skt dan perih serta benjolan pada leher serviks menghilang. Sakit apa ya saya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L.

Buang air besar adalah proses alamiah yang terjadi pada tubuh kita. Ketika kita mengonsumsi makanan dan minuman, nutrisi akan diserap oleh tubuh. Setelah proses penyerapan nutrisi, sisa yang tidak dibutuhkan tubuh akan dibuang melalui anus dengan proses buang air besar. 

Normalnya, manusia buang air besar satu sampai tiga kali dalam sehari, dengan konsistensi tinja tidak terlalu cair atau encer. Kondisi yang Anda alami, yaitu sulit buang air besar, dalam bahasa medis disebut konstipasi. Konstipasi adalah hal yang tidak normal, ya. Hal ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti tinja yang terlalu keras karena kurang asupan serat, dehidrasi, atau efek samping dari konsumsi obat tertentu.

Sedangkan terkait leher rahim, akan sangat sulit meraba leher rahim hanya dengan tangan kosong saat tidak ada pembukaan ketika proses melahirkan. Jika yang Anda maksud adalah leher vagina, maka benjolan tersebut normal, karena ketika proses mengejan akan ada tekanan di daerah tersebut ya. Anda juga bisa memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan benjolan tersebut berasal dari mana dan disebabkan karena apa. 

Sementara, Anda dapat melakukan hal ini di rumah untuk mencegah konstipasi:

  • Mengonsumsi sayur dan buah-buahan yang mengandung serat
  • Minum air putih yang cukup
  • Bergerak aktif atau rutin berolahraga
  • Saat BAB, gunakan toilet jongkok agar lebih mudah mengejan

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Infeksi rahim atau endometritis dapat berpengaruh pada kemampuan seorang perempuan untuk dapat hamil atau mempertahankan kehamilannya

Jika Dibiarkan, Infeksi Rahim Bisa Berpengaruh pada Kesuburan

Infeksi rahim atau endometritis dapat memengaruhi kesuburan. Infeksi rahim tidak mengancam nyawa, namun harus segera diobati umumnya dengan antibiotik.