15 Dec 2020, 08:38Perut

Bayi susah BAB dan kotoran berbusa apa penyebabnya ?

IL
Info Penanya: IL0
Dok anak saya baru umur 2 bulan tapi kok bab nya 4 hari kadang 2 hari gmna ya Dok? Trus kalo bab kok warnanya coklat tapi ada busa ea dikit gmana ya dok hd khawatir?
188 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat malam IL,Wajar terjadi bila bayi buang air besarnya jarang bahkan bisa 7 hari sekali. Hal ini disebabkan sistem pencernaan bayi masih belum bekerja dengan sempurna. Selain itu ASI yang dikonsumsi tidak memiliki banyak ampas yang harus dikeluarkan. Pada bayi yang diberi susu formula memiliki ampas yang sedikit lebih banyak dari ASI. Pada bayi sering terjadi gangguan pencernaan. Hal ini bisa dilihat dari ciri-ciri kotoran yang dikeluarkan. Perubahan warna kotoran pada bayi adalah hal wajar, tetapi bisa saja merupakan suatu tanda adanya masalah.Perubahan warna kotoran bayi :
  • Hitam (mekonium) pada awal kelahiran
  • Kuning kecoklatan pada bayi yang diberi ASI
  • Kuning muda atau coklat kehijauan pada bayi yang diberi susu formula
  • Kuning oranye karena pigmen usus
  • Hijau tua pada pengenalan MPASI
  • Merah karena makanan MPASI atau adanya perdarahan saluran cerna
  • Putih karena adanya gangguan empedu hati
  • Abu-abu karena adanya gangguan pencernaan
Pada kotoran bayi yang berbusa lazim terjadi pada bayi yang diberikan ASI eksklusif. Hal ini disebabkan dari cara menyusui. Terdapat ASI encer (foremilk) yang keluar pertama kali saat bayi menyusu dan ASi kental (hindmilk) beberapa saat setelahnya. Foremilk memiliki banyak laktosa sedangkan bayi belum bisa mencerna laktosa dengan  sempurna sehingga kotorannya berbusa. Untuk menghindari hal ini ibu dapat mneyusui bayi pada satu payudara terlebih dahulu hingga habis sebelum berpindah pada payudara sisi lainnya.Tidak ada hal yang perlu dikahwatirkan selama bayi tidak mencret atau diare, demam, tidak mau menyusu, rewel, terlihat lemas, tidak menangis atau merintih. Bila terdapat gejala-gejala tersebut segera periksakan ke dokter spesialis anak.Semoga bermanfaat. Salam sehat,dr. Pany CL
bayi & menyusuitumbuh kembang bayidiare pada bayi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil