Apa status saya?

HA Info Penanya: HA, Pria, 1 Tahun
Selamat malam dok...langsung saja, saya sebagai ODP melakukan mudik berangkat dari tempat mulai tgl 18 okt 2020 dan tiba ditujuan tgl 19 okt 2020 dan melakukan karantina mandiri hingga sekarang tgl 1 mei apakah telah masuk hitungan 14 hari? Sampai saya menulis ini saya sehat tidak ada gejala sakit
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang HA,

Bulan apa Anda melakukan perjalanan? Karena tertulis Anda melakukan mudik bulan Oktober 2020, sedangkan sekarang masih bulan Mei 2020. Apa yang Anda maksud Anda melakukan perjalanan di bulan April 2020?

Bila yang Anda maksud berpergian di tanggal 18 April 2020 dan tiba di tanggal 19 April 2020, maka Anda harus melakukan masa karantina sampai tanggal 3 Mei 2020.

Bila selama 14 hari tersebut Anda tidak bergejala sama sekali, maka daya tahan tubuh Anda baik, dan kecil kemungkinan untuk terinfeksi virus corona. Namun bukan berarti tidak ada virus corona di dalam tubuh Anda. Bisa saja ada virus corona di dalam tubuh Anda namun karena daya tahan tubuh Anda baik, maka tidak menimbulkan gejala.

Siapa yang memberikan status ODP ke Anda? Karena bila diberikan status ODP pasti ada gejala penyakitnya seperti demam, batuk, pilek, dll. Sedangkan menurut Anda sampai saat ini tidak ada gejala samasekali.

Ada status orang tanpa gejala (OTG) dimana seseorang sudah pernah kontak dengan penderita infeksi corona, namun tidak menunjukkan gejala samasekali karena daya tahan tubuhnya baik.

Saran saya selepas masa karantina, lakukan pemeriksaan ke dokter atau puskesmas terdekat untuk memastikan status Anda, apakah OTG, ODP, atau PDP karena banyak kerancuan dari kronologi yang Anda ceritakan.

Salam sehat,

dr.Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Meredakan peradangan dan mengalahkan sel kanker adalah beberapa manfaat makan pedas.

9 Manfaat Makan Pedas untuk Kesehatan yang Sayang Jika Dilewatkan

Bagi kebanyakan orang Indonesia, kurang afdol rasanya jika makan tanpa sensasi pedas. Ternyata, mengonsumsi makanan pedas memiliki bikin Anda panjang umur. Tak percaya?