Kenapa tidak napsu makan?

AS Info Penanya: AS, Pria, 25 Tahun
Jadi begini dok perut saya sakit dan jika tengah malem saya susah tidur di karenakan setiap malam badan saya menggigil dongDan badan saya lemas dok makan juga saya kalo ngeliat nasi seperti tidak nafsu dokKasih tau solusinya sama obatnya ya dokTerimakasih dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang AS,

Perut yang sakit adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan gangguan tidur, baik berupa rasa mual, dada terasa sesak, atau dada terasa panas yang seringkali disebabkan oleh GERD.

Perihal kondisi tubuh yang demam saat malam hari perlu dikonfirmasi dengan termometer, seberapa tinggi suhunya. Bila masih di bawah 37,5oC maka masih dikatakan normal, dan menggigil yang dirasakan hanya faktor sugestif saja. Namun bila suhunya memang tinggi, maka bisa disebabkan oleh demam typhoid atau TBC yang seringkali bergejala demam di malam hari.

Yang saat ini dapat Anda lakukan adalah:

  • Minum paracetamol agar badan tidak sakit semua dan dapat menurunkan demam juga.
  • Minum antacida agar tidak mual.
  • Hindari makanan pedas, asam, kopi, dan soda.
  • Usahakan makan dengan porsi kecil namun lebih sering.
  • Cukup tidur.
  • Jangan stres.

Anda harus berusaha untuk tetap makan, karena bila Anda tidak makan maka lambung akan semakin perih dan mual, tubuh akan lemas karena kekurangan nutrisi.

Sebaiknya bila sudah berlangsung lebih dari 3 hari, maka Anda perlu melakukan pemeriksaan ke dokter terdekat, dan cek darah lengkap agar bisa dipastikan apa penyebab sakitnya.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kebiasaan langsung tidur setelah makan akan membuat Anda mengalami GERD dan menambah berat badan

Masih Terbiasa Tidur Setelah Makan? Pencernaan Bisa Bermasalah

Banyak yang mengatakan bahwa berbaring setelah makan akan membuat tubuh gendut dan perut buncit. Faktanya, tidur setelah makan hanya akan menambah beban kerja pencernaan dan merusak kualitas tidur.