Suplemen Penambah Darah dan Kalsium Saat Menyusui.

LP Info Penanya: LP, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya saya ibu menyusui baru,bolekah ibu menyusui minum obat penambah darah dan kalsium laktat scra brsmaan?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, LP

Penggunaan supplemen untuk ibu menyusui sebetulnya boleh-boleh saja. Tapi apakah tujuannya untuk si kecil atau untuk ibunya?

Obat penambah darah biasanya mengandung zat besi. Zat besi sebetulnya sudah ada di dalam air susu. Zat besi terikat dengan protein sehingga hanya bisa digunakan oleh bayinya dan tidak bisa digunakan oleh bakteria jahat. Protein yang dimaksud adalah lactoferrin dan transferrin yang akan mengikat zat besi dari usus sehingga :

1. mencegah bakteria jahat untuk membelah diri karena tidak mendapat asupan zat besi untuk tumbuh

2. memastikan kebutuhan zat besi bayi.

Supplemen zat besi, pada bayi usia dibawah 6 bulan, mengurangi kemampuannya menyerap zat besi. Asalkan bayi anda menerima ASI eksklusif yang mengandung protein diatas untuk memastikan zat besi tidak digunakan oleh kuman. Dan supplemen zat besi yang ibu minum belum tentu meningkatkan zat besi yang sudah ada dalam ASI. Jadi boleh saja ibu meminum supplemen zat besi tapi bukan bayinya ya. Lebih baik lagi bila zat besi tersebut berasal dari makanan. Seperti daging, hati ayam, sayuran, jamur, roti, beras merah, tahu, kuning telur, tomat dan ikan tuna/sardines.

Sedangkan untuk Kalsium, kebutuhan ibu menyusui lebih tinggi daripada ibu yang tidak menyusui. Dan anda bisa memenuhi kebutuhan Kalsium dari minum susu. Bila anda tidak minum susu atau produk susu sapi lainnya maka baiknya anda mengkonsumsi suplemen Kalsium.

Nah cara meminumnya harus dibedakan waktunya. Zat besi paling baik diminum dengan perut kosong. Namun karena efek zat besi ke pencernaan bisa mual atau mules, sebaiknya diminum bersamaan dengan sedikit makanan. Kemudian Kalsium/susu diminum 2 jam setelahnya.

Bila ada keraguan, bisa didiskusikan dengan Dokter anda. Semoga informasi dari saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Kualitas ASI antara lain dipengaruhi oleh pola serta jenin makanan yang dikonsumsi ibu menyusui

Pantangan dan Rekomendasi Makanan Ibu Menyusui untuk ASI Berkualitas

Kualitas ASI yang dihasilkan oleh ibu sangat berpengaruh terhadap proses tumbuh kembang bayi. Gandum utuh, beras merah, dan telur merupakan rekomansi makanan untuk ibu menyusui.