Vitamin dan Makanan apa saja untuk ibu hamil usia 6 bulan?

MS Info Penanya: MS
Suplemen yg baik di konsumsi pada saat usia kandungan 6 bulan apa saja ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MS,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Ibu hamil memang sangat membutuhkan asupan suplemen ekstra. Pasalnya, manfaat dari suplemen tersebut bukan hanya dapat dirasakan oleh ibu hami, namun juga untuk janin.

Beberapa suplemen dan makanan yang baik untuk ibu hamil :

  • Asam folat
    Asam folat yang cukup memang sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk mencegah terjadinya neural tube defect (NTD), yaitu cacat pada sistem saraf bayi. Disarankan untuk mengonsumsi 400 -800 mikrogram asam folat setiap hari.
    Asam folat alami dapat di dapatkan dari makanan seperti sayuran hijau, sereal atau gandum, kacang-kacangan, dan jeruk.
  • Vitamin D dan Kalsium
    Disarankan untuk mengonsumsi 10 mikrogram vitamin D dan 1.000 mg kalsium setiap hari. Vitamin D dan kalsium sangat berperan dalam kesehatan tulang dan gigi.
    Kalsium dari makanan dapat diberi dari tahu, tempe, kacang merah, susu kedelai, susu, keju, yogurt, sayuran berdaun hijau, sarden, salmon, dan kacang-kacangan. Sedangkan Vitamin D alami dari ikan seperti salmon dan sarden, telur, dan daging dan juga dapat dari berjemur dibawah sinar matahari pagi.
  • Zat besi
    Dibutuhkan ibu hamil untuk membentuk sel-sel darah merah. Sel darah merah berfungsi membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh dan juga kepada bayi. Jika kekurangan zat besi, maka ibu hamil dapat dengan mudah terserang anemia sehingga akan terus-menerus merasa lelah, pusing, lemah, dan pucat.
    Zat besi dapat diberikan dari makanan sepreri daging tanpa lemak, sayuran berdaun hijau gelap, buah kering, dan kacang-kacangan. 

Meskipun begitu, saya sarankan selalu konsultasika mengenai konsumsi suplemen kepada dokter kandungan Anda. Dengan pemeriksaan yang tepat, maka dokter akan mengetahui suplemen apa yang paling dibutuhkan oleh ibu dan janin.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Operasi usus buntu pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada trimester awal kehamilan

Operasi Usus Buntu Saat Hamil, Aman Asalkan…

Operasi usus buntu pada ibu hamil sebaiknya dilakukan pada trimester awal kehamilan. Agar risiko terjadinya komplikasi kecil. Pascaoperasi ibu hamil dapat kembali beraktivitas, karena dapat mempercepat proses pemulihan.