suplemen Calcium Lactate, di kemasan suplemen tsb tertera nomor 1237-120717-01 apakah dr nomor tsb ada tgl kadaluarsanya? Karena hanya dapat sepotong lembar suplemen, sehingga tidak tahu dimana letak kadaluarsanya

NH Info Penanya: NH, Wanita, 24 Tahun
Dokter, sy dapat suplemen Calcium Lactate, di kemasan suplemen tsb tertera nomor 1237-120717-01 apakah dr nomor tsb ada tgl kadaluarsanya? Karena sy hanya dapat sepotong lembar suplemen, sehingga sy tidak tahu dimana letak kadaluarsanya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, NH

Terimakasih telah bertanya di SehatQ

Kalsium laktat adalah obat yang berfungsi untuk mencegah serta mengatasi kadar kalsium yang rendah di dalam darah. Obat ini bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan kalsium bagi orang yang tak mendapatkan kalsium yang cukup dari makanan. Obat ini juga dapat digunakan sebagai penambah kalsium bagi orang-orang yang butuh kalsium lebih seperti wanita hamil, wanita menyusui, wanita yang memasuki masa menopause dll.

Tiap kemasan obat pasti diberikan label kode produksi dan kode kadaluarsa. Anda harus jeli membaca label kemasan obat. Saat membeli obat, jangan asal mengikuti resep atau mengulang resep dari dokter. Apalagi jika Anda membeli obat bebas, tanpa resep. Perhatikan penandaan obat yang tercantum pada etiket dan kemasan obat.

Jika tanda Expired Date tidak tampak jelas atau  pada kemasan obat, mintalah obat dengan kemasan yang jelas tandanya. Atau jika Anda mendapatkan obat dari dokter atau tenaga medis lainnya periksa dahulu terutama expired date / tanggal kadaluarsanya, jika tidak jelas maka segera tanyakan kepada pihak tersebut agar jelas tanggal kadaluarsanya. Dan selain itu sebaiknya juga tidak mengkonsumsi obat yang telah lama dikeluarkan dari kemasan atau telah terjadi perubahan bentuk dan warna.

Semoga bermanfaat penjelasan ini.

Salam sehat,

dr. Anugerah

 

 

 

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dapat membantu menghindari osteoporosis

11 Makanan yang Mengandung Kalsium untuk Bantu Cegah Osteoporosis

Osteoporosis dapat dihindari dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dalam jumlah yang cukup. Keju, yogurt, hingga kankung merupakan makanan yang dapat mencegah osteoporosis.