26 Feb 2021, 01:54Kandungan

Apakah suntik kb 3 bulan menyebabkan gangguan haid?

AR
Info Penanya: AR0
dok saya suntik kb 3bln dan dibulan terkahir kenapa saya menstruasi nya lama ya hampir 2 minggu lebihh?
242 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo A,Penggunaan suntik KB, KB implan, maupun KB IUD yang mengandung hormon, dapat menyebabkan adanya gangguan haid. Haid dapat menjadi terlambat, lebih cepat, memanjangan maupun memendek. Hal ini terjadi karena kandungan hormon pada KB tersebut berkadar tinggi sehingga tubuh ada kalanya akan sulit menyesuaikan diri dengan dosis KB tersebut. Gangguan haid merupakan efek samping dari penggunaanKB hormonal sehingga Anda tidak perlu khawatir. Namun efek samping ini, tidak dialami oleh semua orang. Misalnya ada orang yang tidak haid sama sekali saat menggunakan KB suntik 3 bulan, disisi lain ada pula orang yang tetap dapat haid. Selain gangguan haid, KB suntik 3 bulan juga memiliki beberapa efek samping lain yaitu penurunan gairah seksual, peningkatan napsu makan, dan juga perubahan suasana hati.Jika Anda tidak nyaman dengan efek samping KB ini, Anda juga dapat menggunakan KB lain seperti IUD tanpa hormon maupun mengganti KB hormonal Anda dengan KB yang memiliki kadar hormon lebih rendah yaitu pil KB dan KB suntik 1 bulan.Salam sehat
dr.Evelin Kwandang
penggunaan kbkontrasepsigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil