16 Feb 2021, 18:08Kandungan

Apakah telat suntik KB 3 bulan bisa suntik kembali ?

RY
Info Penanya: RY0
Mlam dok sya tlat suntikan 3 bulan telat nya 7 hari apa masi bisa suntik lgi
360 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, R.Saat seorang wanita telat suntik KB, atau lupa minum pil KB di waktu yang seharusnya, dimana anak sudah terlalu banyak, atau anak masih berusia kecil, membuat wanita cemas akan terjadinya kehamilan, terlebih saat jadwal suntik KB ulang wanita sudah melakukan hubungan seksual.

Apakah kehamilan akan terjadi jika lupa suntik KB 3 bulan ?

Jika wanita lupa suntik KB 3 bulan di tanggal yang ditentukan maka kemungkinan kehamilan dapat terjadi. Namun jika saat waktu suntik tiba, wanita tidak kunjung melakukan hubungan seksual hingga wanita suntik KB ulang, maka kemungkinan terjadinya kehamilan sangat kecil, karena suntik KB 3 bulan juga mempengaruhi kesuburan wanita, dimana kesuburan ini sulit kembali dalam waktu cepat.

Apakah telat suntik KB 3 bulan bisa suntik kembali ?

Anda dapat melakukan suntik KB 3 bulan kembali walau sudah telat selama 7 hari. Namun perlu dipastikan bahwa Anda dapat kondisi tidak hamil, dimana telat haid tanpa diikuti dengan tanda kehamilan seperti terjadinya mual muntah berlebih saat pagi hari, keram perut, timbul flek kecoklatan, rasa kencang di payudara, rasa ingin terus berkemih. Atau Anda juga dapat melakukan test pack dan USG di dokter kandungan untuk hasil yang lebih akurat. Buat pengingat pada kalender atau pengingat di handphone Anda agar jadwal suntik KB 3 bulan tidak terlewat kembali.Semoga bermanfaat,Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tes kehamilanpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil