Suntik vaksin DPT HB2

MH Info Penanya: MH, Wanita
Dok seberapa panjangnya jarum suntik untuk vaksin Dpt hb 2yang di suntikan ke paha bayi dan jika tidak teratur apakah ada dampaknya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang MH,

Penyuntikan vaksin pada anak digunakan jarum berukuran 23-27 G dengan panjang jarum antara 0,5 - 1 inch atau sekitar 25 milimeter. Selain ukuran jarum, teknik penyuntikan saat pemberian vaksin sendiri beragam seperti intramuskular, subkutan atau intradermal dimana kedalaman dan tujuan vaksin berbeda tergantung jenis vaksin yang diberikan.

gambar diunduh dari WHO: Vaccine Safety Basics e-learning course

Pada vaksin DPT HB sendiri diberikan dengan penyuntikan secara intramuskular atau jarum suntik menembus lapisan kulit sampai ke otot dan obat disuntikan di otot sebanyak 0,5 mililiter. Penyuntikan intramuskular sendiri bisa diberikan di paha, lengan ataupun bokong.

Pada semua penyuntikan imunisasi dapat berisiko menimbulkan efek samping seperti ruam kulit, kemerahan, pembengkakan kulit, rasa sakit, demam, ataupun gejala alergi lain yang bisa lebih berat dan disebut dengan Kejadian Ikutan Paska Imunisasi. Hal ini dapat dipicu beragam faktor seperti teknik penyuntikan, obat atau vaksin itu sendiri, kondisi kesehatan anak saat dilakukan vaksinasi ataupun adanya riwayat penyakit lainnya dimana efek KIPI ini tidak selalu timbul. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Gondongan pada anak bisa menimbulkan komplikasi jika tidak segera diatasi

Hati-hati, Inilah 6 Komplikasi Akibat Gondongan pada Anak!

Gondongan pada anak awalnya seringkali tak disadari. Sebenarnya, terdapat tanda atau gejala yang dapat Anda perhatikan. Salah satu tanda yang bisa diperhatikan adalah membesarnya pipi, sakit kepala. mulut kering dan masih banyak lagi.